Danlantamal Cek Langsung Tes Pantukhir

0
588
Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno melihat langsung penerimaan calon anggota TNI Angkatan Laut, Sabtu (15/9). f-raymon/tanjungpinang pos

Sebanyak 28 orang Calon Prajurit TNI Angkatan Laut, dari berbagai daerah di Kepri, mulai mengikuti penilaian pantauan akhir (Pantukhir) Daerah di Aula Yos Sudarso Markas Komando Lantamal IV Tanjungpinang, Sabtu (15/9).

TANJUNGPINANG – Tes pantukhir ini langsung disaksikan oleh Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno.

Bagi yang lolos, mereka kembali harus mengikuti tes penentu di Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut Malang, Jawa Timur. Bila mereka lolos di Malang, maka mereka lolos jadi anggota TNI AL. Namun, bila tes lanjutan di Malang gagal, maka peserta harus pulang ke kampung halamannya.

Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno mengatakan, sebagai salah satu fungsi strategis, penerimaan TNI AL merupakan momen penting untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuanya, untuk dibentuk dan dikembangkan menjadi prajurit yang profesional bermoral dan berani.

”Hanya prajurit yang memilki integritas dan komitmen dan jati diri yang kokoh yang dapat meningkatkan performa TNI AL di masa yang akan datang,” katanya.

Eko menyebutkan, 28 calon prajurit TNI Angkatan Laut yang mengikuti seleksi penerimaan tahap II ini terdiri dari calon Bintara pria 13 orang, calon Bintara wanita 5 orang dan calon Tamtama 10 orang.

”Sebelum sampai ketahap Pantukhir para calon telah melewati beberapa tahapan seleksi. Mulai dari administrasi, kesehatan tahap I dan II, kesemaptaan jasmani, mental idiologi dan phsikologi,” sebutnya.

Menurutnya, Pantukhir ini merupakan seleksi tahap akhir yang harus dilalui seluruh calon dan setelah dinyatakan lolos oleh panitia daerah (Panda) Tanjungpinang. Selanjutnya akan diberangkatkan mengikuti seleksi tingkat pusat. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here