Dapat APBN, Bangun Sekolah Baru

0
279
WAKIL Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang Ade Angga meninjau pembangunan SDN 017 Ganet, Selasa (3/7). F-martunas/tanjungpinang pos

Desember, SDN 017 Ganet Mulai Ditempati

Tahun 2018 ini, Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang mendapatkan alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp1.893.052.000 untuk pembangunan Unit Sekolah Baru (USB). 

TANJUNGPINANG – ANGGARAN tersebut masuk klasifikasi swakelola (Tim Pelaksana Pembangunan Unit Sekolah) di Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang. Alokasi anggaran tersebut digunakan untuk membangun SDN 017 Ganet di Perumahan Alam Tirta Lestari (ATL) di Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang AG mengatakan, saat ini sekolah tersebut masih tahap pembangunan. Sesuai informasi yang diperolehnya dari kontraktor pembangunan, sekolah itu selesai dikerjakan akhir November.

”Jadi, untuk sementara mereka akan menumpang belajar di sekolah lain dan Desember nanti sudah bisa pindah ke sekolah itu. Desember rampung dibangun,” ujar Dadang via ponselnya.

Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang, Ade Angga telah melakukan peninjauan pembangunan sekolah itu, Selasa (3/7) kemarin. Saat itu, Ade Angga berbincang dengan Ngatijo Plt Kepala SDN 015 Ganet, Darwis Pelaksana Proyek dan Hari orang lapangan proyek itu.

Kepada Ade Angga Darwis mengatakan, luas lahan sekolah itu sekitar 3.000 meter persegi. ”Sampai di sini aja pak lokasi sekolah. Ini untuk jalan nanti,” ujar Hari sambil menunjuk batas lahan sekolah itu di lokasi.

Ade Angga meminta agar Dinas Pendidikan melobi developer pemilik lahan agar menyerahkan sisa lahannya yang sedikit itu untuk lokasi sekolah. ”Sebab, daerah ini akan terus berkembang. Makin banyak siswa nanti. Makanya lapangan sekolah harus ada. Jadi dibicarakan saja dengan pemiliknya agar mau menghibahkan lahan ini,” ujar Ade.

Saat ini, sudah banyak perumahan di sana dan akan terus bertambah. Sementara daya tampung sekolah yang sudah ada sangat terbatas. Karena itu, SDN 017 akan menjadi tumpuan siswa baru nanti.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Disdik yang sudah berupaya mendapatkan anggaran dan lahan itu, sehingga sekolah tersebut bisa dibangun. Ade Angga juga mengucapkan terimakasih kepada pemilik lahan yang telah menghibahkan lahannya untuk kepentingan pendidikan di Tanjungpinang. Namun, politisi Golkar itu tetap berharap agar lahan di samping lokasi sekolah tersebut dihibahkan saja ke Dinas Pendidikan agar pembangunan gedung sekolah itu bisa dikembangkan ke depan.

Berdasarkan informasi dari Darwis, ada sejumlah gedung yang akan dibangun tahun ini yakni, tiga ruangan untuk ruang belajar, dan tiga ruangan lain untuk ruang majelis guru, ruang perpustakaan, gudang, ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), rumah dinas jaga, hingga toilet.

”Toilet untuk siswa kita bangun empat unit. Dua untuk laki-laki, dua untuk perempuan. Toilet guru terpisah sendiri. Toilet kepala sekolah ada di ruang kepala sekolah,” jelas Darwis.

Gedung sekolah itu dipersiapkan untuk bertingkat. Sehingga pondasinya memang dirancang untuk gedung bertingkat. Namun, tahun ini, gedungnya masih satu tingkat. ”Tapi sudah kita siapkan ke depan bisa dibangun bertingkat. Makanya pondasinya kita buat kokoh dan didesainnya untuk gedung bertingkat. Kalau tahun ini masih satu lantai dan pakai atap spandek,” bebernya lagi.

Hanya saja, sekolah itu belum dilengkapi batu miring dan pagar. Awalnya ada anggaran Rp100 juta untuk pembangunan pagar, namun pihak Kemendikbud memindahkan anggaran itu ke Irian Jaya.

Ngatijo, Plt Kepala SDN 017 Ganet mengatakan, saat mengurus anggaran tersebut, dirinya bersama Dadang AG dan Majumi Bagian Sarana Prasarana Disdik Tanjungpinang berangkat ke Jakarta untuk meneken penyerahan anggaran itu. ”Tahun ini ada dua sekolah yang dapat. Satu di Tanjungpinang, yaitu sekolah ini dan satu lagi di Bintan,” jelasnya singkat.

Adapun pengerjaan proyek itu dimulai 25 Juni hingga 25 November. Desember nanti ditempati.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here