Dapat Apresiasi, Bintan Jadi Contoh

0
70
OPD di lingkungan Pemkab Bintan menghadiri evaluasi dari EKPPD Kepri, Senin (15/7) kemarin. f-istimewa
Tim Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) Provinsi Kepri, melakukan evaluasi terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Bintan, Senin (15/7). EKPPD juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Bintan.

BINTAN – SEKDA Bintan Adi Prihantara menjelaskan, berdasarkan amanat Undang Undang nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, maka dalam mengelola pemerintahan daerah diwujudkan dalam tiga bentuk pertanggungjawaban. Satu dari tiga itu adalah, daerah berkewajiban menyampaikan LPPD kepada pemerintah.

Menurut Sekda Bintan, kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah terhadap LPPD tahun 2019 tersebut, yaitu laporan pertanggujawaban penyelenggaraaan pemerintah untuk melihat kinerja pemerintahan, dalam setiap tahunnya melalui laporan yang telah disusun.

Justru itu, pihak Pemerintah Provinsi Kepri mengevaluasi kinerja Pemkab Bintan. Guna memverifikasi dan memberikan penilaian terhadap seluruh masing-masing OPD Bintan.

”Maka itu, seluruh OPD di Bintan dikumpulkan untuk memberikan laporan-laporan kepada tim penilaian dari provinsi. Pemprov yang akan menilai,” jelas Adi Prihantara, kemarin.

Sebelumnya, Pemkan Bintan sudah mendapatkan penghargaan terbaik di tingkat provinsi dan nasional, terkait Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap LPPD ini. Sekda Bintan berharap agar seluruh OPD di lingkungan Pemkab Bintan terus meningkatkan kinerja. Dan laporan-laporan terkait peningkatan kinerja di Pemkab Bintan, dapat dievaluasi kinerjanya, di setiap didang. Tujuannya, agar semakin baik ke depannya.

”Harapannya, kinerja laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah terus meningkat setiap tahunnya,” harap Adi Prihantara.

Tiwuh selaku Ketua EKPPD Kepri menyampaikan, pihaknya ke Kabupaten Bintan, dalam rangka memverifikasi dan memberikan penilaian terhadap seluruh masing-masing OPD di Bintan. Seperti memberi penilaian pengambilan kebijakan, pelaksana kebijakan, pelaksanaan kebijakan capaian kinerja urusan wajib dan pilihan.

Sekaligus memberikan apresiasi di Pemkab Bintan. Karena, Pemkab Bintan tahun sebelumnya mendapatkan rangking terbaik di tingkat provinsi maupun nasional.

”Untuk itu diharapkan, Pemerintah Kabupaten Bintan bisa menjadi contoh yang baik ke daerah-daerah lainnya, terkait hal tersebut,” kata Tiwuh. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here