Dari Singapura Bisa ke Anambas

0
127
BUPATI Kepulauan Anambas bersama peserta rapat di hotel Meranti Keluraha Letung Kecamatan Jemaja, kemarin. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas gelar rapat bersama dengan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah dengan manajemen PT Pulau Bawah untuk membahas rute penerbangan Letung -Singapura.

ANAMBAS – Rapat dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan Camat di Hotel Meranti Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja, Selasa (2/10).

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris SH langsung memimpin rapat, dengan agenda rencana pengembangan pelayanan penerbangan rute Bandara Selayar (Singapura) menuju Bandara Letung (Anambas).

Tentang kesiapan Pemda untuk menyambut peluang tersebut, tidak ada persoalan yang signifikan namun harus memastikan kesiapan pihak Bandara Letung saja.

”Dari hasil rapat kemarin, pihak bandara Letung berupaya mempersiapkan segala fasilitas pendukung lainnya seperti ruangan CIQP dan ruang tunggu eksekutif dan alat x-ray,” kata Abdul Haris, Rabu (3/10). Ia juga mengatakan, Pemda bersama pihak PT Pulau Bawah akan meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk dapat memberikan perizinan penerbangan antara Bandara Letung menuju Bandara Seletar (Singapura).

Sejauh ini, PT Pulau Bawah memanfaatkan penerbangan dari Singapura terbang ke Bandara Hang Nadim (Batam) lalu terbang ke Resort Pulau Bawah menggunakan pesawat milik Airnav.

Ke depannya, pihak PT Pulau Bawah merencanakan penerbangan dari Singapura langsung ke Bandara Letung lalu transit ke Resort Pulau Bawah.

”Mengenai kekurangan tentu masih ada, namun itu hanya persoalan administrasi saja tentang CIQP. Oleh sebab itu, kita temui langsung pihak manajemen pulau bawah dengan sejumlah pihak yang terkait seperti aparat penegak hukum, Imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina dan pihak Bandara Letung,” ucap dia.

Haris menambahkan, peningkatan status Bandara Letung itu juga penting dan saat ini masih berstatus domestik lalu akan dijadikan status regional.

Jika hal itu bisa diwujudkan, maka peluang wisata go international akan terbuka bagi Anambas ke depannya.

”Fasilitas pendukung tidak ada masalah karena ruangan sudah disiapkan, ruangan untuk kepentingan CIQP dibagikan saja,” ujar Haris.

Haris melanjutkan, tidak menutup kemungkinan akan terbukanya pelayanan penerbangan secara regional dari bandara Malaysia juga nantinya.

Artinya, wisatawan manca negara dan domestik bisa akses langsung ke Bandara Letung. Hal itu tentu ada kepentingan daerah, yakni untuk terus melakukan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pastinya.

”Akan berdampak postif, jika itu segera di wujudkan apalagi kepantingan pariwisata. Tidak terlepas kemajuan wisata harus di dukung moda transportasi yang lancar pula. Kita harapkan akan bertambah PAD bagi daerah ke depannya,” tutupnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here