Darson Wakili Kepri ke Tingkat Nasional

0
851
MENEMUKAN APLIKASI: Kepala SMAN 3 Tanjungpinang DR Darson MSi berhasil menemukan aplikasi inovatif. f-yoan/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kepala SMAN 3 Tanjungpinang DR Darson MSi dipilih mewakili Provinsi Kepri untuk bersaing ke tingkat nasional karena memiliki inovasi. Ia berhasil menciptakan software atau program Elektronik Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pembelajar (EPKBGP). Aplikasi ini diyakini dapat mempermudah tenaga pendidik untuk melakukan penelitian dan karya tulis. Dengan panduan-panduan yang diberikan.

”Software ini khusus untuk melatih guru dalam hal menulis dan meneliti sehingga bisa menciptakan karya tulis ilmiah secara mandiri,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (12/7) di ruang kerjanya di SMAN 3 Tanjungpinang. Darson, rencananya akan berangkat ke Jakarta, Jumat (14/7). Mengikuti proses kompetisi sampai akhir Agustus mendatang. Di sana, Darson akan bersaing dengan seluruh Kepsek perwakilan dari provinsi di Indonesia. Dituturkannya, EPKBGP tercipta karena keinginan membuhkan semangat para guru untuk terus berkarya.

Baca Juga :  Pemko Harus Siapkan Program Beasiswa

Dari penelitian yang dilakukan mulai 2002 hingga 2015 tidak ada guru yang mengusulkan untuk naik pangkat, inilah awal ide yang kemudian melahirkan aplikasi yang diharapkan bisa membantu para guru. Minimnya minat para guru membuat karya tulis beragam. Diantaranya terpisah jarak antarpulau yang dibatasi lautan juga dinilai menjadi salah satu kendala.

Selain itu mungkin banyaknya aktifitas atau kesibukan guru yang membuat malas melaksanakan penelitian. Kehadiran aplikasi EPKBGP yang sudah melalui proses tiga kali penyempurnaan, diharapkan mampu mengatasi kendala tersebut. Dari hasil uji coba menggunakan aplikasi tersebut, Darson mampu mengantarkan 15 guru di SMAN 3 untuk naik pangkat. Meskipun sebanarnya ada sekitar 30 guru yang ikut. Sisanya masih dalam proses penyelesaian data.

Baca Juga :  Kini, Banyak Pelajar Terlibat Curanmor

”Kebermanfaatannya sudah dibuktikan, dan ini sudah di uji dan launcing di LPMP Kepri,” terangnya. Rencannya aplikasi tersebut akan dibuat Hak Paten dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh Guru di Tanah Air.

”Mohon doanya. Alhamdulillah, tahun ini diberikan kepercayaan oleh Disdik Kepri untuk mewakili ke tingkat Nasional dan diharapkan bisa memberikan yang terbaik,” tambahnya. Melalui EPKBGP akan banyak guru yang melahirkan karya-karya ilmiah yang bermanfaat.(YOAN SN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here