Datangkan Pakar Maritim Dunia

0
198
WAKIL Rektor II UMRAH Agus Sutikno, SP, M.Si didampingi Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Ilmu Perikanan (FIKP) Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA saat berbicara membuka seminar bertemakan Marine Biodiversity, belum lama ini. F-martunas/tanjungpinang pos

Inspirasi Mahasiswa dan Dosen UMRAH Hasilkan Karya Ilmiah

Untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan serta dapat menginspirasi dosen dan mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menghasilkan karya ilmiah yang lebih berkelas, maka beberapa pakar kemaritiman dunia dijadikan narasumber.

TANJUNGPINANG – MAHASISWA dan dosen turut mendengarkan pemaparan sejumlah pakar maritim yang didatangkan dari luar negeri untuk mengisi seminar di UMRAH.

Wakil Rektor II UMRAH Tanjungpinang, Agus Sutikno, SP, M.Si mengatakan, seminar yang mendatangkan narasumber dari luar negeri sangat penting. ”Kami selaku pimpinan universitas sangat senang dengan diadakannya seminar series. Apalagi kita ini universitas berbasis maritim. Maka sangat perlu dilaksanakan secara rutin forum-forum diskusi yang membahas tentang kemaritiman,” ungkap Agus Sutikno, kemarin.

Ia menambahkan, seminar itu telah digelar Senin (14/5) lalu di ruang serbaguna Lt.3 Rektorat UMRAH Dompak. Seminar series ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP UMRAH).

Tema yang dipilih adalah Marine Biodiversity. Seminar Series 2018 ini merupakan Seminar Series yang kelima dan merupakan agenda rutin dari FIKP UMRAH. Kegiatan seminar series ini dibuka Agus Sutikno.

Dijelaskannya, kegiatan rutin tahunan itu sangat bagus dan ia meminta peran aktif mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang diperoleh saat seminar yang digelar Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ini.

”Kepada pembicara saya ucapkan terima kasih banyak karena sudah mentransformasikan ilmunya kepada kami semua. Kepada mahasiswa kami harapkan sungguh-sungguh bisa mendalami pengetahuan itu,” bebernya.

Ia juga meminta mahasiswa untuk belajar dan menguasai bahasa dunia yaitu Bahasa Inggris. Apalagi, pembicara seminar itu dari luar negeri. ”Perlu saya sampaikan, betapa pentingnya Bahasa Inggris. Tidak ada kata terlambat untuk kita belajar. Berhubung Kepri ini adalah wilayah perbatasan yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga dan ke depan tidak menutup kemungkinan kita akan lebih banyak berinteraksi dengan mereka,” tambah Agus.

Seminar Series itu diikuti oleh mahasiswa, Dosen FIKP, Dosen FISIP, Dosen FE, Dosen HI, beberapa staf dari Dinas Kelautan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun dengan total peserta sebanyak 77 orang.

Puncak kegiatan seminar series itu berlangsung sekitar dua jam. Menjadi pembicara adalah Prof. Chou Loke Ming dan Prof. Wong Sek Man dari National University of Singapore.

Prof. Chou menyampaikan materi tentang keanekaragaman hayati laut di perkotaan Singapura yang merupakan negara dengan wilayah terbatas namun perkembangan kota sangat cepat. Sehingga melakukan reklamasi pantai dengan teknik sipil pantai yang tepat untuk meminimalisisr dampak negatifnya.

Sedangkan Prof. Wong menyampaikan materi tentang berbagai sumber daya perikanan yang telah berhasil diteliti telah mampu diaplikasikan dalam budidaya perikanan seperti kuda laut, kepiting soka, ikan dan lain-lain.
Hadir juga pada saat Seminar Series Dekan FIKP UMRAH Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA, Sekretaries Senat FIKP Fitria Ulfa, SP., M.Si, dan sebagai moderator jalannya seminar series adalah Yales Veva Jaya, S.Pi., M.Si. (Ketua PPSPL).

Diagendakan materi dari Seminar Series ini akan terbit pada edisi pertama buku yang berisi rangkaian kegiatan seminar series yang akan dibukukan (ISBN) sebagai karya ilmiah persembahan FIKP UMRAH untuk masyarakat KEPRI.

”Seminar series ini untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dosen dan mahasiswa serta dapat menginspirasi dosen maupun mahasiswa UMRAH agar mampu menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas baik nasional maupun internasional,” ujar Dr. Agung Dhamar Syakti saat ditanya output dari kegiatan seminar series ini.

”Alhamdulilah kegiatan seminar series saat itu berjalan dengan lancar,” ungkap Agung.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here