Daur Ulang Kurangi Sampah 31 Ton

0
564
Agen bank sampah diharapkan terus berkembang di Kota Batam. Keberadaan bank sampah banyak membantu mengurangi tumpukan sampah di Batam. Berdasarkan data, jumlah sampah di Batam sebanyak 900 ton per hari. Sementara bank sampah untuk daur ulang, mampu mengurangi 31 ton per bulan.

BATAM – Asisten Administrasi Umum Pemko Batam, Zarefriadi menghimbau, bank sampah yang ada sekarang agar mengajak orang di sekitar agar menjadi agen. Diakui, melalui kegiatan bank sampah, telah mengurangi tumpukan sampah sekitar 31 ton per bulan.

Baca Juga :  Kepri Punya Destinasi Baru untuk Wisman

”Terdiri dari sampah kertas 9,42 ton, sampah plastik 6,37 ton, sampah aluminium 2,4 ton, dan sampah kardus 12,81 ton,” himbaunya.

Diakui, jumlah sampah yang dihasilkan warga dan yang bisa disortir bank sampah, masih jauh. Demikian, pemerintah mengapresiasi ibu-ibu agen bank sampah. ”Karena sampah ini, kalau tak bisa dikelola atau diolah dengan baik, maka kota ini akan berubah jadi gunung sampah. Padahal ada kebijakan pemerintah untuk menjadikan sampah nol, atau zero waste,” tuturnya.

Dikatakan, penting disosialisasikan lebih banyak, layanan keuangan kepada bank sampah Batam.

Baca Juga :  Buruh Tuding Pemerintah Pemicu Ekonomi Melemah

”Pemerintah tetap mendorong untuk ini dikembangkan. Jangan hanya ambil untung sendiri, ajak orang-orang di sekitar juga untuk jadi bank sampah,” himbau Zaref.

Sementara Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri, Iwan M Ridwan, saat sosialisasi pengelolaan sampah melalui agen bank sampah mengatakan, penting untuk meningkatkan literasi keuangan bagi agen laku pandai, agen pegadaian, dan bank sampah. Sehingga OJK sendiri melakukan sosialisasi, untuk membantu.

”Total agen ada sekitar 200. Yang kita beri pelatihan sekarang 100,” kata Iwan.

Mereka juga mendorong kolaborasi industri jasa keuangan. Agen laku pandai ini yang paling utama adalah nasabah bank. Bank BNI terkait dengan bank sampah. Sedangkan Pegadaian ini juga ada program tabung sampah jadi emas. Agen laku pandai ini ada di setiap bank, khususnya bank BUMN. Seperti agen BNI46 di Bank BNI.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here