DD Bisa untuk Pendidikan

0
146
BUPATI Bintan H Apri Sujadi meninjau gedung PAUD, yang dibangun dari Dana Desa, di Kecamatan Mantang, baru-baru ini. f-istimewa

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi kembali mengingatkan, agar penggunaan dana desa tepat sasaran. Bupati menginginkan, pemerintah desa membantu pemerintah untuk bidang pendidikan, dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).

”Pengalokasian dana desa itu bisa untuk sektor pendidikan,” kata H Apri Sujadi, Minggu (7/10) kemarin.

Dana desa diberikan kepada pemerintah desa, jelas bupati, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Maka, penggunaannya harus benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat itu sendiri.

”Seperti baru-baru ini, kita meninjau pembangunan sekolah PAUD di Pulau Telang. Gedung pendidikan itu dibangun menggunakan anggaran Dana Desa (DD),” ujarnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menerangkan, bangunan sekolah PAUD Mekarsari di Pulau Telang, dibangun pada tahun 2018 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 150 juta. Dana ini bersumber dari anggaran DD tahun 2018.

Bangunan dengan luas ukuran 8×10 meter tersebut dibangun, karena gedung sekolah PAUD yang lama sudah tidak memadai. Bangunan PAUD juga dilengkapi fasilitas ruangan mengajar, fasilitas taman kanak-kanak dan pelbagai permainan anak.

”Kita menginginkan agar infrastruktur yang dibangun desa, dirancang berdasarkan asas pemanfaatan bagi masyarakat banyak,” sebut Ronny.

Selanjutnya, Dinas PMD Bintan akan menggelar bursa inovasi desa, Senin (8/10) ini. Kegiatan ini untuk memberikan pengalaman, sekaligus memamerkan ide kreatif masing-masing desa, serta mendorong agar desa selalu berinovasi menjadi lebih baik. Program bursa inovasi desa diharapkan bisa mendorong seluruh desa, agar bisa melakukan inovasi dengan potensi desa masing-masing.

”Khususnya untuk pembangunan infrastruktur desa,” tambahnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here