DD Telat Cair, Pembangunan Desa Terhambat

0
449

LINGGA – Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) beberapa desa di Kabupaten Lingga terlambat cair. Hal itu disebabkan, terlambatnya proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Hal itu menjadi perhatian, bagi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Dengan keterlambatan itu, maka Kepala DPMD Pemkab Lingga Said As’y Ari menegaskan agar tidak terjadi pada tahun 2018.

”Ini harus menjadi perhatian seluruh desa. Agar penyusunan APBDes harus tepat waktu. Agar, tidak mengganggu jalannya proses pembangunan di desa,” tegas Said As’y Ari, Senin (18/12).

Ia berharap, penyusunan APBDes dan laporan keuangan menjadi perhatian semua desa.

Sehingga, segala program pembangunan di desa berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dan disepakati. Jika laporan dari desa telat, maka pihaknya yakni DPMD juga telat melaporkan kepada pemerintah pusat.

”DPMD Lingga menargetkan pada Januari 2018, semua desa di Lingga telah memiliki APBDes. Tidak seperti tahun 2017, beberapa desa baru menyiapkan APBDes pada Bulan April dan Mei.

Menurutnya, saat ini desa sudah mengetahui pagu estimasi untuk 2018. Sehingga diharapkan menjadi dasar untuk menyusun APBDes lebih cepat.

Ia juga menerangkan, faktor lain yang turut memperlambat pencairan DD dan ADD adalah terlambatnya rekomendasi dari kecamatan.

Pihak kecamatan bertugas memberikan pembinaan laporan keuangan desa, sebelum memberikan rekonendasi pencairan.

”Pihak kecamatan dapat meminta desa memoerbaiki laporan karena dinilai belum lengkap, sebelum memberikan rekomendasi,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here