Debat Kedua Bukan Cuma Parade Tanya Jawab

0
260
Paslon H Syahrul-Rahma dan H Lis Darmansyah-Maya Suryanti saat mengikuti debat putaran pertama baru-baru ini. f-fatih/tanjungpinang pos

Sosial Ekonomi, Pariwisata dan Lingkungan Jadi Topik hangat

Debat publik Pilkada Tanjungpinang putaran kedua digelar di Hotel Aston malam ini, Selasa (15/5). Pasangan calon Wali Kota Tanjungpinang nomor urut satu H Syahrul-Rahma dan nomor urut dua H Lis Darmansyah-Maya Suryanti akan adu program kerja. Mereka akan berdebat untuk menggali persoalan sosial ekonomi, pariwisata dan lingkungan. Debat nanti akan disiarkan langsung oleh Tanjungpinang TV, RRI dan Facebook KPU Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Debat pilkada Tanjungpinang akan dipandu oleh presenter terkemuka TV One Paramitha Soemantri. Presenter kabar pagi Indonesia itu akan memandu debat sekitar dua jam.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria menyatakan, Paramitha merupakan presenter yang juga wartawan TV One ini cukup populer. Ia juga terbiasa memandu debat baik siaran langsung maupun siaran tunda. ”Kita harapkan dengan kehadiran Paramitha menambah daya tarik debat kedua ini jadi lebih menarik,” kata Robby, kemarin.

Debat kedua nanti mengambil topik sosial ekonomi, pariwisata dan lingkungan. Topik ini sangat penting dan harus jelas dalam visi misi pasangan calon Wako dan Wawako yang akan memimpin Kota Tanjungpinang. ”Tentu kedua calon sudah berpengalaman soal ekonomi, pariwisata dan lingkungan serta sosial. Karena keduanya mantan pejabat walikota dan wakil walikota,” kata Robby.

Sambung Robby, panelis dalam debat tersebut pengusaha sukses Rida K Liamsi, Ketua STAIN Abdurrahman Faizal, dosen Stisipol Raja Haji Neng Suryaningsih, Kepala Free Trade Zone Tanjungpinang Den Yealta, asesor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) wilayah Bintan Dr.Febri Lestari. ”Mereka pakar di bidang masing masing soal sosial, ekonomi, lingkungan,” kata Robby.

Debat kedua ini KPU membatasi jumlah masing masing pendukung 100 orang per calon karena keterbatasan jumlah ruangan. ”Dengan demikian pesan pesan visi dan misi debat bisa disampaikan melalui siaran langsung,” kata Robby.

Sementara itu, Ketua Pemenangan nomor urut I, Ade Angga mengatakan ia sudah mempersiapkan diri menghadapi debat besok (hari ini, red). H Syahrul-Rahma fokus pada pemberdayaan UMKM, menekan angka pengangguran, menciptakan entrepreneur, merangsang ekonomi kreatif, kemudahan perizinan sampai pada optimalisasi kawasan FTZ.

Sektor lingkungan, ia fokus pada penataan kawasan pesisir, penanggulangan banjir dan sektor pariwisata pada menggandeng jaringan mitra pelaku pariwisata, menyiapkan infrastruktur penunjang. ”Kalau dikasih tau semua, gak ada kejutanlah dong nanti di debat,” tegasnya.

Kemudian, ketua pemenangan Lis Darmansyah-Maya Suryanti, Suparno mengatakan, tema debat sosial ekonomi, pariwisata dan lingkungan, menjadi perhatian besar calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor urut 2.

Karena sebelumnya, masalah ekonomi hingga pariwisata menjadi perhatian H Lis Darmansyah disaat menjabat sebagai Walikota Tanjungpinang. Nanti, lanjut Ketua DPRD Kota Tanjungpinang ini, paslon nomor urut 2 (H Lis Darmansyah-Maya Suryanti) ada menjabarkan program khusus dan spesial. Program khusus yang akan disampaikan nanti, bagaimana memanfaatkan potensi yang ada di Tanjungpinang.

Pemanfaatan potensi tersebut, kata Suparno, paslon nomor urut 2 diberikan kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin Kota Tanjungpinang nanti, akan melibatkan masyarakat sebagai pelaku usaha kecil menengah. ”Ekonomi kerakyatan yang akan kita terapkan nanti,” terang dia.

Selain itu, sambung Suparno Lis-Maya akan membangun kerjasama antar daerah di Indonesia. Agar perekonomian di Tanjungpinang, lebih maju lagi. Sehingga ekonomi masyarakat di Tanjungpinang, lebih mapan ke depannya. ”Kita tunggu saja, program ekonomi yang bakal disampaikan Pak Lis dan Ibu Maya di debat putaran kedua nanti,” sebut dia.

Sebelumnya, Pengamat Politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka meminta kepada dua paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, baik itu paslon nomor urut 1 (H Syahrul-Rahma) dan nomor urut 2 (H Lis Darmansyah-Maya Suryanti), untuk mempersiapkan data saat acara debat publik putaran kedua. Pasalnya, dalam debat putaran kedua ada membahas tentang ekonomi. Jangan sampai debat nanti hanya hanya parade tanya jawab saja.

Publik, menurut Endri, mau mendengar apa solusi yang ditawarkan oleh kedua paslon Walikota disaat debat. Karena masalah saat ini yang sedang dihadapi, adalah terjadinya ekonomi yang sedang lesu.

Dampak yang sangat dirasakan pada pedagang di Tanjungpinang. Karena daya beli mengalami penurunan. ”Nah, solusi apa yang akan diberikan nanti oleh kedua calon tersebut untuk kembali mengairahkan perekonomian di Tanjungpinang mulai lesu dan sepi,” bebernya. (ABAS-ANDRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here