Delapan Calon Penumpang KM Kelud Terjatuh

0
401
CALON penumpang KM Kelud saat naik ke atas kapal transit untuk menuju kapal KM Kelud. F-ALRION/tanjungpinang pos

Delapan orang calon penumpang KM Kelud terjatuh di kapal transfer penumpang ketika hendak sandar memindahkan penumpang, Sabtu (2/6).

KARIMUN – Akibat kejadian itu, Sedikitnya 7 calon penumpang mengalami luka ringan.

”Total ada 14 orang calon penumpang yang terjatuh. Mereka terjatuh di dalam kapal KM Oceanik kapal untuk transfer penumpang ke KM Kelud. Terjatuh karena papan penyangga di atas palka. Patah ketika diduduki, ditambah saat itu penumpang sedang berdesakan,” kata Syafrinaldi, Plh Kepala KSOP TB Karimun.

Saat mendengar kabar, kru langsung diinstruksikan segera membawa calon penumpang mendapat perawatan ke RSUD Karimun oleh pihak PT Pelni.

Didapati, 4 orang dapat melanjutkan perjalanan naik kapal. Sedangkan 3 orang lainnya, kini masih harus dirawat dan kemungkinan trauma sehingga tidak melanjutkan perjalanan menuju Medan.

Ke depan, ia mengimbau pihak PT Pelni mampu mengatur penumpang dengan tertib naik ke atas kapal dengan tidak berdesakan. Sehingga, hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejadian seperti kemarin dapat diantisipasi.

”Pihak kapal harus mampu memberikan kenyamanan kepada calon penumpang,” pesan Naldi.

Kepala Cabang Pelni Tanjungbalai Karimun Yusuf menyebutkan, dari 8 orang penumpang KM Kelud yang jatuh semuanya sempat menjalani pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan itu, 4 orang penumpang yang tidak mengalami luka-luka tetap melanjutkan perjalanan. Kemudian, 4 orang lagi tidak melanjutkan perjalanan.

”Yang tidak melanjutkan perjalanan, kita bawa ke Puskesmas dan kemudian pihak keluarga membawa ke rumah sakit lain untuk pemeriksaan,’’ paparnya.

Pada prinsipnya, lanjut Yusuf, penumpang yang jatuh dari dek kapal sampai ke dalam palka tidak ada yang mengalami luka parah.

Meski demikian, pihaknya tetap meunggu hasil laporan perkembangan medis dari pihak keluarga yang tidak melanjutkan perjalanan.

Pihaknya tetap bertanggungjwab sepenuhnya terkait dengan kejadian ini, termasuk jugapermintaan dari pihak keluarga yang tidak melanjutkan perjalanan sudah dilaporkan ke kantor pusat Pelni di Jakarta. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here