Delapan Mobdin Langsung Dikembalikan Dewan

0
552
Mobil dinas yang sudah dipulangkan anggota DPRD Tanjungpinang saat parkir di halaman kantor Wali Kota Tanjungpinang. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Setelah diancam akan ditarik paksa oleh Pemko dan Kejari Tanjungpinang, satu persatu anggota dewan Tanjungpinang mulai mengembalikan mobil dinas yang mereka pakai. Dari 16 mobil dinas yang belum kembalikan hingga Kamis (18/1), kini tinggal delapan mobil dinas yang belum dipulangkan oleh anggota dewan.

”18 mobil dinas sudah dikembalikan oleh Anggota Dewan. Untuk lebih lanjut tanya ke Plh Wali kota saja, ya. Apa sanksinya bagi yang belum mengembalikan,” kata Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekdako Tanjungpinang, Nazib Setia Budi kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (19/1).

Kata Nazib, apabila dalam waktu dekat tidak dikembalikan, maka Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Tanjungpinang, Riono akan melakukan upaya paksa penarikan mobdin yang masih digunakan anggota Dewan Kota Tanjungpinang tersebut. ”Kita tunggu saja niat baik dari anggota dewan untuk mengembalikan,” kata Riono.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Ditantang Buat BPR

Kalau sudah terkumpul, kata Riono, mobdis tersebut akan diperuntuhkan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Tanjungpinang. Mobil tersebut akan digunakan oleh pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang, terutama yang belum memakai mobdis.

”Kita utamakan OPD yang benar-benar membutuhkan mobil dinas itu. Biar segala urusan untuk kepentingan pemerintahan lancar,” sebut dia.

Terpisah, Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Tanjungpinang, Abdul Kadir Ibrahim (Akib) mengatakan, secara legal pihaknya dipinjamkan oleh Pemko Tanjungpinang sebanyak 28 mobil dinas. Mobil dinas tersebut diperuntuhkan ke tiga pimpinan Dewan hingga 25 Anggota Dewan Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Rp9 Miliar untuk Tangani Banjir

”Karena ada dua anggota Dewan kita selama ini tak menggunakan fasilitas pemerintah, yaitu mobil dinas. Ada Ibu Reni dan Pak Beni,” kata Akib saat dijumpai di ruang kerja Humas dan Protokol Dewan Kota Tanjungpinang.

Dari 28 mobil dinas yang dipinjamkan, kata Akib, sebagian mobil dinas tersebut sudah dikembalikan ke Pemko Tanjungpinang melalui Bagian Umum Sekdako. Mobil dinas yang dikembalikan ke pemerintah termasuk yang digunakan Wakil II Dewan Kota Tanjungpinang, Ahmad Dani. Politisi Hanura ini, mengembalikan mobil dinasnya karena cc mobil dinas yang digunakan masih dibawa standar. ”Kalau tak salah saya 1.800 cc saja. Untuk unsur pimpinan harus 2.200 cc, itulah aturannya,” ucap dia.

Berdasarkan aturan, lanjut dia, mobil dinas yang digunakan Ketua Dewan berkapasitas 2.500cc. Sedangkan Wakil Dewan hanya menggunakan mobil dinas berkapasitas 2.200 cc. “Cc mobil dinas pak Ahmad Dani sama dengan Pak Ade Angga. Hanya saja, Pak Ade Angga memilih menggunakan mobil dinas. Itu haknya Pak Ade Angga. Karena Pak Ade Angga itu Wakil I Dewan Kota Tanjungpinang,” terang dia.

Baca Juga :  Dinas Bikin Inseminasi Buatan Ternak Sapi

”Mulai Oktober hingga Desember 2017 lalu, kita sudah lunasi dana transportasi itu. Dana yang kita bayar berasal dari APBDP 2017. Nanti, kita bayar dari APBD 2018 ini,” tegasnya. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here