Delapan Peserta Ikut TTG

0
216
WAKIL Bupati Anambas Wan Zuhendra berbincang dengan salah satu peserta TTG usai membuka acara itu di Aula Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Kamis (5/4). f-indra/tanjungpinang pos

Sebanyak 8 peserta ikut ambil bagian dalam lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) tahun 2018.

ANAMBAS – Terjadi peningkatan peserta pada kegiatan tersebut karena pada tahun 2017 silam hanya 4 peserta yang tampil. Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra mengingatkan, jangan sampai kegiatan TTG hanya menjadi kegiatan seremonial semata tanpa input yang jelas.

”Jangan sampai kegiatan ini sia-sia, hanya menjadi seremoni dan berakhir begitu saja,” hal ini disampaikan Wan saat membuka TTG di Aula Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Kamis (5/4).

Pada acara yang mengambil tema ‘Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Sebagai Ajang untuk Mengadu Kreativitas Masyarakat KKA’, Wan mengungkapkan, kegiatan ini untuk mengasah kreativitas masyarakat yang mempunyai nilai guna.

”Artinya yang dicari itu bibit penemu yang mampu menciptakan tekhnologi yang murah tetapi mampu memberikan manfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Wan mengharapkan adanya senergitas yang saling menopang antara dinas terkait untuk melakukan pembinaan terhadap pemenang nanti. Karena selain akan menjadi wakil Anambas pada TTG tingkat provinsi nanti, pemenang juga berkesempatan tampil pada TTG tingkat nasional yang akan digelar di Pulau Dewata Bali.

”Jangan sampai ini terputus. Pemenang ini dapat dibina dan hasil karyanya dapat dimanfaatkan di masyarakat,” tegasnya.

Wan mencontohkan, seperti alat membuat kerupuk misalnya sangat diperlukan di Anambas, mengingat daerah ini merupakan penghasil ikan tentu dapat dipergunakan masyarakat.

”Alatnya bisa dipatenkan lalu diproduksi banyak dan dapat dibagikan kepada masyarakat sehingga menjadi teknologi yang bermanfaat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Wan menekankan kembali kepada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar terjalin komunikasi lintas sektor untuk saling menunjang kegiatan. Hal ini untuk terus memupuk sinergitas antara OPD dalam melaksanakan pembangunan.

”Bangun sinergitas yang baik sesama OPD agar terus terjalin kebersamaan dalam melaksanakan pembangunan,” tutupnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here