Dermaga Pelangi, Kampung Baru Makin Dikunjungi

0
629
WISATAWAN asing mengunjungi pelantar pelangi di Kampung Baru Lagoi, baru-baru ini.f-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Kampung Baru Lagoi, Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong merupakan satu kampung tertua di kecamatan tersebut. Bahkan sejak masih menjadi bagian wilayah daru Kecamatan Bintan Utara, nama Kampung Baru Lagoi sudah dikenal dan banyak penduduknya.

Bukan hanya sekedar kampung tempat masyarakat tinggal, khususnya masyarakat nelayan. Kini, Kampung Baru Lagoi terus berbenah untuk masyarakat dan juga perekonomian warganya.

Wajar saja, kampung yang diapit oleh resor-resor mewah itu, beberapa tahun lalu, tampak tertinggal. Hanya ada aktivitas nelayan dan masyarakat yang beternak dan berkebun ala kadarnya saja. Namun kini, semua aktivitas warga tersebut menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang.

Keelokan alam dan juga masih aslinya kehidupan masyarakatnya, membuat wisatawan mancanegara tertarik untuk melihat. Mulai memancing, beternak, bertani hingga kini mengolah kerajinan tangan lokal, membuat wisatawan senang datang. Dan pihak resor mempromosikan Kampung Baru Lagoi.

Baca Juga :  Tahun Ini, Banyak SD di Bintan yang Digabung

Terus berbenah, kini dermaga nelayan tradisional yang ada dicat dengan warna-warni. Dermaga yang sudah direhabilitasi pada awal tahun lalu, kini tampak indah dan cerah. Seolah memberi warna di tengah warna kampung nelayan, yang banyak bangunan dan dermaga berwarna coklat kayu.

Nyatanya, kini yang dibuat oleh masyarakat tersebut perlahan memberikan dampak yang positif. Dan baik pula untuk mengembangkan pariwisata Kampung Baru.

Lalu Sabri, warga yang ditokohkan di Kampung Baru Lagoi mengatakan, kreativitas membangun dermaga pelangi ini merupakan aspirasi warganya, yang disambut dengan anggaran desa yang ada. Mesti hanya bernilai kecil, namun kreativitas tersebut memberikan dampak yang cukup signifikan. Pelantar pelangi pun membikin Kampung Baru dikunjungi para turis.

Baca Juga :  KNTI Bintan Minta Dana Desa Diprioritaskan untuk Nelayan

”Kami ingin membangun kampung kami, sebagai wilayah pariwisata, mendatangkan banyak turis dan memberikan dampak ekonomi bagi warga kami,” katanya, baru-baru ini.

Hanya saja, daya tarik yang kini terus dibangun warga untuk Kampung Baru Lagoi masih terkendala kondisi jalan masuk, yang belum baik. Untuk menuju lokasi kampung tersebut dapat melalui jalan lama atau jalan kampung serta melewati kawasan salah satu resor besar.

”Kalau lewat resor besar kan ada penjagaan yang dilalui dan mungkin terbatas. Jalannya bagus memang. Kemudian saat melintas jalan kampung ini, kondisinya masih tanah dan berlumpur. Kalau hujan kayak gini, sudah susah nak lewat, apalagi kalau pakai kendaraan roda empat,” ucapnya.

Baca Juga :  Pesepeda Wanita Indonesia Juarai TDB 2018

Ia berharap, pihak pemerintah dapat memperhatikan kondisi kekurangan akses jalan tersebut, sehingga wisatawan dapat dengan mudah datang setiap saat.

”Kalau jalannya bagus, kami kan bisa pasang plang tanda masuk agar wisatawan darimana saja gampang masuk ke kampung kami,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here