Desa di Kepri Digilir Jadi Lokasi KKN

0
227
Salah satu dosen pendamping KKN Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Rendra Setyadiharja MIP menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Desa Sungai Ulu di Natuna pada malam perpisahan belum lama ini. F-istimewa

179 Mahasiswa Stisipol Pamit Pada Warga Natuna

Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang akan dilakukan di desa yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Sehingga semua desa di Kepri bisa dikunjungi ke depan secara bergiliran.

NATUNA – KKN Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang di Kabupaten Natuna telah berakhir sejak 12 Agustus belum lama ini. Pada tanggal yang sama, seluruh mahasiswa-mahasiswi yang berjumlah 179 yang terbagi menjadi 17 kelompok melaksanakan KKN di Natuna telah kembali ke Tanjungpinang.

Sebelum berakhirnya KKN yang berlangsung dan disebar di 17 desa di 4 kecamatan di Natuna, mahasiswa telah mengadakan acara penutupan dan perpisahan di lokasi desanya masing-masing.

Salah satu dosen pembina KKN Stisipol Raja Haji Tanjungpinang di Natuna Rendra Setyadiharja, M.IP mengatakan, seluruh kepala desa mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa yang KKN dari Kampus Stisipol Raja Haji.

Menurutnya, masyarakat merasa terbantu dengan adanya beberapa program yang dijalankan masing-masing kelompok KKN di desanya masing-masing.

Dengan program pemberdayaan untuk masyarakat yang diciptakan mahasiswa, sudah sangat membantu desa dalam proses pemberdayaan masyarakat desa. Mahasiswa juga telah banyak membantu program desa.

”Ke depan diharapkan kerja sama ini terus terjalin dan kemungkinan desa-desa yang belum menjadi tujuan lokasi KKN dapat menjadi tujuan lokasi KKN selanjutnya di tahun depan,” terang Rendra, kemarin.

Ia menambahkan, Pemerintah Desa berharap kepada mahasiswa teruslah menjadi mahasiswa yang berguna bagi daerahnya dan juga bagi bangsanya.

Kepulangan rombongan mahasiswa KKN Stisipol Raja Haji Tanjungpinang ini didampingi oleh empat orang dosen yaitu, Raja Abumansur Matridi MPM, Rendra Setyadiharja MIP, Diah Siti Utari MSi dan Riau Sujarwani MM.

Mewakili Ketua Stisipol Haja Haji Tanjungpinang yakni Endri sanopaka S Sos MPM, dosen-dosen pendamping ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Pemerintah Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah dan terakhir Kecamatan Bunguran Selatan.

Dari empat kecamatan itu, total ada 17 desa yang menjadi lokasi KKN mahasiswa-mahasiswi Stisipol Raja Haji Tanjungpinang untuk tahun 2018 ini.

Tidak lupa juga diucapkan terimakasih semua pihak yang telah membantu terselenggaranya KKN Stisipol Raja Haji 2018 di Kabupaten Natuna.

Kerja sama, fasilitas dan pembinaan kepada mahasiswa selama pelaksanaan KKN menjadi suatu hal yang sangat berarti bagi mahasiswa-mahasiswi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

”Khususnya, peran mahasiswa-mahasiswi saaat belajar bermasyarakat, mengimplementasikan ilmunya di bangku perguruan tinggi di lingkungan masyarakat dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam menyelesaikan masalah di desa dan daerah KKN yang kita tuju,” ungkap Rendra lagi.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here