Desa Harus Tertib Administrasi Keuangan

0
221
WAKIL Bupati Lingga M Nizar ketika meninjau salah satu instansi yang terletak di Kota Dabo Singkep. f-istimewa

LINGGA – Wakil Bupati Lingga M Nizar menilai pentingnya tertib administrasi bagi desa, dalam mengelola anggaran yang dikucurkan pemerintah.

Untuk itu, ia menegaskan agar setiap desa merampungkan laporan keuangan paling lama akhir Desember 2018.

Apabila ada desa yang menyerahkan laporan keuangan melebihi target yang dimaksudkan, maka kepala desa sebagai pemangku kepentingan akan diberikan sanksi sebagai efek jera.

”Saya tidak mau seperti tahun 2017 kemarin, ada beberapa desa menyerahkan laporan keuanganya pada bulan Februari. Hal itu menjauhi target yang ditetapkan,” kata Nizar, kemarin.

Ia mengingatkan, camat sebagai pihak yang berwenang langsung merekomendasikan pencairan anggaran di desa diharapkan lebih tegas dengan tidak memberikan rekomendasi apabila ada desa di bawah kewenangannya yang tidak tertib administrasi keuangan.

Pencairan anggaran dapat dilakukan, apabila desa yang bersangkutan telah memenuhi semua ketentuan administrasi.

”Kalau tidak memenuhi syarat administrasi, maka ditunda dulu pencairannya. Kalau tetap diberikan, nantinya akan berdampak pada persoalan hukum,” ucapnya.

Lebih jauh untuk meningkatkan peran RT, dalam membantu adminsitrasi kependudukan Pemkab Lingga akan memberikan kenaikan insentif bagi RT.

”Kita sudah ajukan kenaikan insentif Rp100 ribu bagi RT tahun 2019, mendatang,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here