Desa Harus Tertib Administrasi

0
349
SUASANA kegiatan Rakordes yang berlangsung di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan yang dihadiri seluruh kades di Anambas. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Wan Zuhendra mengingatkan, agar pelaporan keuangan desa harus tertib administrasi menyusul besarnya anggaran yang dikucurkan Pemerintah Pusat ke desa dalam mempercepat pembangunan.

”Selain tertib administrasi, pembagunan yang dilaksanakan pemerintah desa juga mesti tepat sasaran sehingga dapat menyentuh masyarakat paling bawah,” demikian disampaikan Wan, saat membuka Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa se-Anambas diaula Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Kamis (19/4).

Ada pun tema acara, yakni Membangun Anambas Dari Desa Berdasarkan Tertib Administrasi Pelaporan dan Optimalisasi Potensi Desa’. Wan menyampaikan, Rapat Koordinasi (Rakor) triwulan pertama desa se-Anambas dapat menunjukkan wajah pembangunan di desa.

”Saya minta Kades maupun BPD dapat benar-benar mengikuti rapat dengan baik, serta belajar untuk tertib administrasi dalam pelaporannya,” tegasnya.

Menurutnya, perhatian pemerintah pada pembangunan didesa sangatlah besar terbukti dengan besarnya kucuran dana untuk desa yang angkanya sangat besar bisa mencapai miliaran rupiah.

”Besarnya anggaran ini, membuat kita mesti berhati-hati dalam mengelola keuangannya serta melaporkannya agar benar-benar tepat sasaran serta sesuai peruntukannya,” terangnya.

Duduk bersebelahan dengan Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada acara tersebut, tak luput menjadi perhatian Wan. Untuk itu, dirinya mengingatkan agar kades dan perangkatnya dapat bersinergi untuk dapat mengoptimalkan pembangunan dan kemajuan desa. ”Kades dan BPD harus seiring sejalan untuk kemajuan, jangan berjalan sendiri-sendiri karena akan menghambat pembangunan,” tegasnya.

Wan berharap, Rakor yang diselenggarakan dapat menjadi pencerahan bagi kepala desa dan perangkatnya dalam merencanakan pembangunan dan melaporkan pengelolaan keungannya. ”Ini momentum kita bersama-sama membangun Anambas dari desa maksimal,” katanya. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here