Desa Lancang Kuning Centra Salak Sari Intan

0
1200
TANAM SALAK: Bupati Bintan H Apri Sujadi menanam bibit salak varietas Sari Intan, di Desa Lancang Kuning, kemarin. F-jendaras/tanjungpinang pos

TANJUNGUBAN – Pemkab Bintan kembali mengembangkan salak varietas Sari Intan kepada petani lokal. Bupati Bintan H Apri Sujadi menjadikan Desa Lancang Kuning sebagai centra agrowisata salak khas Kabupaten Bintan tersebut.

Beberapa tahun lalu, Pemkab Bintan melalui Dinas Pertanian sudah mengembangkan salak Sari Intan ini, di wilayah Toapaya, Bintan Timur dan di Balai Benih Induk (BBI) Km 18 Kijang. Pengembangan salak ini kembali disampaikan bupati ketika melakukan penanaman bibit salak Sari Intan, sekaligus dialog bersama warga dan petani di wilayah Desa Lancang Kuning, Rabu (11/10).

Baca Juga :  Rp28,4 Miliar untuk Rehab Tempat Ibadah

Menurutnya, selain potensi pertanian dan ekonomi, potensi agrowisata juga terbuka lebar mengingat lokasi Desa Lancang Kuning sangat dekat dengan Kawasan Pariwisata Lagoi.

”Kami akan terus memperhatikan petani, termasuk membuat program pengembangan tanaman salak menjadi lebih luas. Sehingga hasil pertanian ini, meningkat lebih banyak lagi,” sebutnya.

Laporan dari petani, produksi salak Sari Intan ini sudah dipasarkan ke Lagoi dan Batam. Namun, seluruh permintaan konsumen belum dapat dipenuhi. Jika produksinya banyak, maka permintaan akan terpenuhi.

”Ini juga dapat ditata lebih baik, agar menjadi kebun wisata yang nyaman untuk wisatawan,” katanya.

Baca Juga :  Gubkepri Bawa Balada Pelaut ke Lapas Narkotika

Slamet Waluyo, seorang pemilik perkebunan salak Sari Intan menyampaikan, varietas salak tersebut sangat bagus dan rasanya manis. Berbeda dengan varietas salak lainnya.

”Salak ini manis. Kalau dulu, salak kami rasanya nano nano. Ada manis dan asam, kini lebih baik dan semakin diminati,” sebutnya. Ia mengatakan, varietas salak Sari Intan merupakan perkawinan silang antara salak pondoh dan salak lokal Desa Lancang Kuning. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here