Desa Landak Butuh Sekdes Baru

0
611
Amirullah

ANAMBAS – Kepala Desa Landak Kecamatan Jemaja Amirullah, akan mengusulkan nama Sekretaris Desa (Sekdes) yang baru dalam waktu dekat ini. Sebab, jabatan tersebut kosong karena pejabat sebelumnya yakni Dedi Yustar meninggal dunia.

Menurutnya, jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) yang kosong tidak bisa terlalu lama dan maksimal dua minggu jabatan tersebut harus terisi. Sebab, kekosongan jabatan sekdes akan membuat laporan keuangan mengalami keterlambatan.

”Kita akan usulkan nama Sekdes yang baru, Sekdes lama sudah meninggal dunia kemarin tanggal 21 di Batam, akibat sakit,” kata Amirullah, Senin (30/7).

Ia mengatakan, Sekdes yang lama bernama Dedi Yustar yang telah bekerja di Desa Landak selama 6 tahun. Beliau memiliki dedikasi yang baik, dan terkait administrasi juga bagus. Ia juga tidak menyangka dengan hal tersebut, padahal selama bekerja Dedi Yustar tidak pernah mengeluhkan ada penyakit yang dideritanya.

Baca Juga :  UMK Anambas Diusulkan Rp 2.932.925

”Saya juga sempat syok mendengar Sekdes saya meninggal dunia ketika usai melaksanakan tugas pelatihan di Tanjungpinang kemarin. Informasinya beliau hanya mengalami sakit perut, dibawa ke rumah sakit selama satu hari untuk pengobatan lalu beliau meninggal dunia. Beliau dikebumikan di Kota Batam,” terang Amir mengenangnya.

Lanjut Amir, pihaknya saat ini masih belum menentukan calon Sekdes di desanya. Ia menjelaskan, calon Sekdes boleh direkrut dari perangkat desa serta masyarakat. Sementara, persyaratan untuk menjadi Sekdes minimal tamatan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat dan memiliki wawasan tentang administrasi laporan keuangan.

Baca Juga :  Pemekaran Kecamatan, Pansus Konsultasi ke Pusat

Saat ini, banyak berkas laporan keuangan yang belum dibuat disebabkan tidak ada Sekdes. Oleh sebab itu, beberapa hari ke depan akan dilakukan penyampaian nama Sekdes yang baru ke pihak kecamatan tembusan ke pihak kabupaten. ”Minimal SLTA untuk menjadi Sekdes, dan yang mengerti tentang administrasi laporan keuangan. Dalam waktu dekat ini, kita akan ajukan nama Sekdes baru,” ujar dia.

Amir menambahkan, jumlah penduduk Desa Landak 534 jiwa, ada 6 Rukun Tetangga (RT), ada 3 Rukun Warga (RW) dan 2 Dusun. Sedangkan, jumlah penduduk yang perempuan ada 268 orang, laki-laki 266 orang. ”Luas wilayah Desa Landak 5.613 Km2 (persegi). Untuk pendataan warga, jumlah penduduk perempuan lebih banyak ketimbang laki-laki,” tutur dia.

Baca Juga :  Lanal Tarempa Panen Kerapu 700 Kilo

Dari jumlah data itu, lanjut Amirullah, tentunya sehari-sehari melayani administrasi warga serta menjalankan segala perencanaan pembangunan di desa. Sehingga, keberadaan pejabat Sekdes mutlak dibutuhkan dalam hal untuk membantu segala perencaan pembangunan yang telah disusun. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here