Desa Perlu Prioritaskan Program Kesehatan

0
399
DAFTAR: Tenaga kesehatan saat melayani warga yang hendak mendaftar untuk berobat gratis di kantor Bupati. f-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – KEPALA Desa Air Putih Azam Basir mengatakan, anggaran kesehatan tetap menjadi prioritas untuk sejumlah pembangunan. Selain itu, pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) harus ditingkatkan.

Ia berpendapat, di desa yang dipimpinnya telah melaksanakan program kesehatan bagi masyarakat seperti membangun bangunan posyandu dan pembinaan kader posyandu.

”Kita tetap prioritaskan program kesehatan, khusus tahun 2018 mendatang. Program kesehatan bukan hanya 10 persen saja yang dapat diambil, bisa juga lebih,” ungkap Azam Basir, Jumat (27/10).

Ia menambahkan, pada tahun 2018 nanti pihaknya akan memprioritaskan kegiatan di bidang kesehatan. Untuk kader posyandu, pihaknya tidak bisa mengeluarkan honor akan tetapi hanya insentif yang diberikan kepada kader-kader posyandu selama ini.

”Untuk menentukan pembangunan yang akan dilakukan di desa tentu, mereka selalu melakukan musyawarah terlebih dahulu bersama masyarakat dan disaksikan oleh Badan Pengawas Desa (BPD),” sebutnya.

Menurutnya, Dana Desa (DD) diperuntukan mulai dari penyelenggara pemerintah desa, pembangunan desa, pembinaan desa dan pemberdayaan desa. Sejauh ini, pihaknya telah melaksanakan kegiatan seperti pemberdayaan dan pembangunan desa. Ke depannya, akan dilaksanakan terkait pembinaan masyarakat desa.

Untuk program pemberdayaan masyarakat, ia memberi salah satu contoh yakni melakukan pelatihan-pelatihan terhadap kelompok masyarakat dan perangkat desa, membantu organisasi desa seperti Karang Taruna.

Ia melanjutkannya, ketika ditanya anggaran yang diperoleh khusus di desanya, ia mengatakan, anggaran yang diperoleh dari DD sekitar Rp 800 juta lebih. DD tersebut, dari sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Sedangkan, dari Alokasi Dana Desa (ADD) sekitar Rp 900 juta lebih dan bagi hasil pajak sekitar Rp 12 juta. Besarnya anggaran yang didapat desa, tentunya perihal pelayanan kesehatan untuk warga desa juga harus mendapatkan prioritas. Selain kesehatan masyarakat, bidang pendidikan juga harus mendapat perhatian.

Dengan demikian, warga desa merasakan bisa merasakan manfaat dari DD tersebut.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here