Desember, GOR Stadion Dompak Selesai

0
302
Maifrizon

TANJUNGPINANG – Pemerintah Provinsi Kepri, segera mewujudkan pembangunan stadion utama di Pulau Dompak. Kini masih tahapan lelang.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri, Maifrizon kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (7/2). ”Sekarang tahap lelang, mungkin awal April sudah mulai proses pekerjaan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, proses lelang sampai dengan penentuan pemenang memerlukan waktu sekitar 30- 45 hari. Penyelesaian proyek diperkirakan delapan bulan, sehingga akhir Desember stadion sudah selesai.

Dituturkannya, anggaran pembangunan stadion senilai Rp 20 miliar. Diluar konsultan pengawas senilai Rp 600 juta. Pembangunan bertahap, untuk awal ada empat item yang dibangun sekaligus. Pembangunan lapangan, drainase, pagar dan lintasan dasar atletik.

Rumput lapangan sepakbola nantinya dipastikan setera dengan stadion Gelora Bung Karno (GBK). Sistem drainasenya di bawah tanah, sehingga ketika hujan turun, air di lapangan langsung terserap.

Sedangkan landasan atletik masih dasar, atau belum menggunakan karet atau sintesis. ”Pembangunan Rp 20 miliar belum menyelesaikan stadion secara keseluruhan. Rencana di 2019 mendatang dialokasikan anggaran pembangunan tribun dan lainnya,” paparnya.

Maifrizon menuturkan, ukuran lapangan sepakbola yang akan dibangun standar internasional.

Luas lahan pembangunan stadion diperkirakan 3-4 hektare. Lokasi atau tempat pembangunan stadion tak jauh dari Kantor Gubernur Kepri. Strategis dan berada di antara jalan sisi kiri maupun sisi kanan.

Ia menambahkan, jika pembangunan lebih cepat selesai dari waktu perencanaan, maka dapat dipergunakan dibeberapa Cabor yang dipertandingan di Porprov 2018. Diantaranya sepak bola dan atletik.

”Ini masih harapan, tetapi jika stadion belum rampung maka Cabor sepakbola dan atletik masih menggunakan Lapangan Sulaiman Abdullah dan Batu 9,” ungkapnya.

Terkait hal ini juga sudah disampaikan dengan Kadispora Kota Tanjungpinang, Djasman. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here