Desember, Kades Dilantik

0
586
PILKADES: Warga Desa Ulu Maras Kecamatan Jemaja Timur ketika memasukan surat suara kedalam kotak suara di Pilkades, Kamis (23/11), kemarin. f-indra/tanjungpinang pos

Sistem Pilkades Anambas Masih Manual

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 18 Desa di Anambas berjalan lancar, Kamis (23/11), kemarin. Pelaksanaan Pilkada langsung di pantau Bupati Anambas.

ANAMBAS – Pilkades di Kabupaten Kepulauan Anambas masih menggunakan secara manual dan belum bisa dilaksanakan secara sistem elektronik Voting (E-Voting).

Kendala yang dialami dikarenakan masih mengalami persoalan sinyal internet. Diketahui Kabupaten Kepulauan Anambas yang antar desa jarak tempuhnya harus melalui jalur laut dan sedikit saja yang menggunakan jalur darat.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Pemkab Anambas, Awaluddin mengatakan pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah selesai melaksanakan kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Kades yang terpilih akan segara di lantik, paling lambat Desember atau awal Januari mednatang.

Pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar dan dipantau secara langsung oleh sejumlah pihak seperti Bupati dan sejumlah kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di tambah lagi dari unsur Muspika dan masyarakat.

”Saat ini kita masih menunggu data laporan dari masing-masing panitia pelaksanaan Pilkades. Mengenai pelantikan akan ditentukan Desember 2017 atau awal Januari 2018,” ungkap Awaluddin, Minggu (26/11).

Menurutnya, jika terjadi persoalan dalam pelaksanaan Pilkades terkait indikasi ada kecurangan dari peserta calon kepala desa maupun oknum tim sukses masing masing peserta calon kepala desa akan diselesaikan oleh panitia Pilkades.

Untuk mengenai indikasi money politic di Pilkades sejauh ini belum ada laporan kepihaknya, jikalaupun ada indikasi tersebut diharapkan dapat membuat laporan mengikuti jalur peraturan yang berlaku.

”Kita belum terima laporan adanya kecurangan pelaksanaan Pilkades kemarin. Jikalaupun ada tentu harus memiliki alat bukti yang kuat dan bisa dibuat laporan kepanitia pelaksana Pilkades di masing-masing desa dan ikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Sejumlah panitia Pilkades sudah menyampaikan laporan hasil rekapitulasi hasil suara sah dan tidak sah bahkan tidak pergi memilih akibat tidak berada ditempat atau berhalangan sakit

Dalam pelaksanaan Pilkades kemarin tidak ada yang terjadi konflik bahkan masyarakat cukup antusias menggelarnya. Terlihat dari pagi masyarakat sudah datang ke tempat pemilihan kades. (NDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here