Desember, Tunjangan ASN Cair

0
815
Riono MSi

APBD Perubahan Disahkan

Akhirnya, APBD Perubahan 2017 Pemko Tanjungpinang disahkan, Jumat (10/11). Diperkirakan akhir November mendatang baru dapat dijalankan.

TANJUNGPINANG – APBD Perubahan Kota Tanjungpinang nilainya Rp 958,25 miliar. Alokasi belanja tidak langsungnya sekitar Rp 378,65 miliar dan belanja langsung sekitar Rp 600 miliar. Selain itu pembiayaan daerah senilai Rp 20 miliar untuk BLUD Rumah Sakit Umum Daerah Tanjungpinang.

Ketua TAPD sekaligus Sekda Kota Tanjungpinang, Riono menuturkan, APBD ini mudah-mudahan evaluasinya di provinsi tidak lama, apalagi pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Pemprov Kepri.

Menurutnya, penyerahan dokumen akan dilakukan segera agar setelah seminggu dari pengesahaan karena masih ada proses penggandaan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) ke masing-masing OPD. ”Ini yang perlu waktu juga, kita perlu mengcopi DPA untuk masing-masing OPD. Tapi saya perkirakan akhir November sudah jalan,” paparnya.

Baca Juga :  Warga Robohkan Pagar Pembatas

Kalau lambat, sambungnya, akan menjadi keluhan dan dampaknya juga bisa membuat ekonomi lesu karena aktivitas tidak bisa dijalankan. Bahkan, para ASN juga belum menerima tunjangan.

”Perlu disadari bersama bahwa pergerakan ekonomi di Tanjungpinang masih mengandalkan tiga APBD. Yaitu APBD Pemko sendiri, Provinsi Kepri dan Bintan. Bila di lingkungan Pemko mengalami keterlambatan, secara langsung akan mempegaruhi daya beli masyarakat,” sebutnya.

Hal ini juga disampaikan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Tanjungpinang, M Arif. Menurutnya, para ASN termasuk anggota DPRD sejak oktober belum menerima tunjangan karena APBD Perubahan belum dijalankan.

Baca Juga :  Modal Gunting Besi, Perampok Beraksi di 17 TKP

Ini akan sangat mempergaruhi daya beli masyakat. Kondisi ekonomi Tanjungpinang dua tahun terakhir ini mengalami penurunan. Ini di karenakan perputaran uang dari APBD lambat. ”Terlihat dari proses pengesahan APBD Perubahan yang baru di sahkan. Seharusnya secara aturan, sudah sejak September lalu,” ucap ketua Fraksi PKS tersebut.

Hal ini juga akan menjadi catatan Fraksi PKS, untuk perbaikan ke depannya. Ia berharap TAPD akan segera mengantarkan dokumen APBD perubahan dan melakukan komunikasi ke Pemprov. ”Saya rasa tidak sampai dua minggu hasil evaluasi bisa turun asalkan di komunikasikan. Sebab yang kini di evalusais tinggal Pemko Tanjungpinang,” paparnya.

Baca Juga :  Antrean Permohonan Paspor Bisa Lewat Aplikasi

Rencananya, APBD Murni 2018 akan di bahas setelah hasil evaluasi APBD Perubahan. Rapat paripurna pengesahan APBD Perubahan 2017 di pimpin Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno. Di hadiri Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah beserta Seda Tanjungpinang, Riono beserta kepala OPD di lingkungan Pemko.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here