Destinasi Andalan, Tapi Tak Terawat

0
548
BERSERAKAN: Gazebo yang dibangun Pemkab Lingga tidak terawat dan banyak sampah berserakan di sekitarnya. F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – PANTAI Pasir Panjang memiliki keindahan pasir putih yang jarang dimiliki wisata pantai lain. Tapi pantai ini tidak terawat. Bentangan pasir putih dan kerindangan pepohonan menyejukkan hati para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Pantai Pasir Panjang terletak sekitar 5 kilometer, dari pusat pemerintahan Kabupaten Lingga, Daik.

Karena memiliki akses yang baik, maka kawasan pantai ini sering dikunjungi baik warga lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Sayangnya, minimnya perawatan oleh pemerintah daerah, menyebabkan beberapa fasilitas yang dibangun terlantar tidak terawat. Sampah-sampah sisa pengunjung berserakan begitu saja, karena tidak ada petugas kebersihan yang bertugas membersihkan pantai.

”Sangat disayangkan, fasilitas yang dibangun pemerintah daerah di pantai ini dibiarkan begitu saja. Tidak ada perawatan, maupun petugas kebersihan yang ditempatkan di pantai,” kata Ali salah seorang pengunjung, Rabu (7/6).

Karena minim perhatian oleh Pemkab Lingga, terhadap pantai keindahan pantai tersebut tertutup dengan sampah yang berserakan di sepanjang pantai. ”Lihat hampir di setiap sudut terlihat sampai sisa makanan pengunjung yang datang,” katanya.

Selain kotor dan tidak terawat, dan tanpa petugas pengelola pantai menyebabkan pantai rawan digunakan sebagai tempat maksiat atau berpacaran para pelajar. ”Tempatnya yang jauh dari pemukiman masyarakat sangat rawan digunakan untuk tempat berbuat asusila,” ucapnya.

Ia berharap Pemkab Lingga, melalui instansi terkait bisa menugaskan pengelola di pantai ini. Keindahan pantai pasir panjang bila dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin menjadi pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. ”Sejauh ini saya lihat belum ada upaya menjadikan pantai ini lebih baik, hingga menarik minat wisatawan,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here