Destinasi Pulau Kukup Tak Kunjung Digarap

0
485
TAK DIGARAP: Pulau Kukup nampak indah dan berpasir putih. Namun, pulau ini tak digarap untuk lokasi wisata. F-hardiansyah/tanjungpinang pos

Pulau Kukup merupakan salah satu pulau indah yang dimiliki Natuna. Pulau ini disebut sangat layak jadi destinasi wisata yang baru di Natuna bila mendapatkan sedikit sentuhan pembangunan.

NATUNA – Pulau itu berada di wilayah administratif Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan. Pulau Kukup juga merupakan kategori pulau kecil yang tak berpenghuni hingga saat ini.

Alfi, seorang wisman lokal mengaku terpukau dengan keindahan pulau yang memiliki luas sekitar 8 ribu meter persegi itu.

Menurutnya, bila ditinjau dari beberapa segi, pulau itu layak menjadi satu destinasi wisata. Dasarnya, secara Natural pulau itu memiliki keindahan tersendiri dan jaraknya tidak terlalu jauh dari Pulau Bunguran Besar yang notabene sebagai pusat ibu kota Natuna.

Hanya memerlukan waktu sekitar setengah jam perjalan laut menggunakan pompong untuk sampai ke pulau itu dari pusat Kecamatan Bunguran Selatan.

”Eman-eman (sia-sia) kalau pulau itu tidak dieskploitasi. Banyak potensi yang ada di sana, terutama sekali potensi wisata. Sebetulnya tinggal disentuh sedikit saja, pulau itu bisa jadi destinasi wisata andalan,” kata Alfi di Ranai, Minggu (12/11).

Hal yang sama diakui rekannya, Erwin. Ia mengaku di pulau itu terdapat kesan mediteranian yang kental, karena di seluruh lingkar pulau terdapat hamparan pasir yang luas dan memanjang.

Apalagi pulau itu ditumbuhi kelapa dan pohon pohon mentigi yang menyerupai perdu-perdu padang pasir.

”Panoramanya kayak padang pasir. Dari jauh kita sudah dapat menyaksikan hamparan pasir yang luas. Pas sekali untuk berjemur,” timpal Erwin.

Konon, pulau tersebut juga sering dijadikan sebagai lokasi pengembangbiakan penyu oleh warga Desa Cemaga.

Selain potensi keindahan alam, pulau itu juga dinilai strategis karena perairan di sekitarnya ramai dilalui oleh armada laut.

”Saya rasa untuk membangun wisata di sana tidak susah-susah amat. Karena selain indah, letaknya juga strategis di jalur lintasan laut internasional,” ungkap Erwin.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here