Destinasi Wisata Desa Bakal Dikelola Pokdarwis

0
546
KEINDAHAN ALAM: Pantai Pulau Kusik yang memiliki keindahan alam, dan kini di incar investor Swiss untuk dikembangkan jadi kawasan wisata. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), akan mengelola tiga destinasi wisata di Anambas. Tiga destinasi tersebut adalah, Air Terjun Temburun, Pantai Arung Ijau, Pantai Padang Melang Batu Berapit.

Hingga saat ini, Pokdarwis masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup). ”Tiga destinasi ini akan dikelola oleh Pokdarwis Desa, tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbub) rampung. Kenapa Pokdarwis, karena masyarakat adalah salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersinergi dengan pemerintah untuk membangun pariwisata,” sebut Iwan K Ron, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar), kemarin.

Masyarakat dengan sumber daya yang dimiliki, baik berupa adat, tradisi dan budaya serta kapasitasnya berperan sebagai tuan rumah. Namun, masyarakat memiliki kesempatan sebagai pelaku pengembangan pariwisata sesuai kemampuan yang dimiliki.

Pokdarwis akan dapat memahami, dan mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona. Pokdarwis merupakan salah satu komponen dalam masyarakat, yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan sektor pariwisata di daerah.

”Keberadaan Pokdarwis perlu didukung dan dibina. Sehingga dapat berperan efektif dalam menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi perkembangnya pariwisata. Sementara pemerintah sebagai fasilitator,” terangnya.

Menurutnya, masyarakat lebih berperan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan menerapkan sapta pesona. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here