Dewan Cemas Bumi Perkemahan Dicaplok Tambang

0
333
KETUA Komisi I Daeng M Yatir, Hasriwadi, Agustinus Purba, Camat Satridha N, dan Lurah Tembeling Tanjung meninjau lokasi bumi perkembahan Kwarcab Bintan, Selasa (24/7). F-yendi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Komisi I DPRD Bintan cemas, jika area bumi perkemahan Pramuka Kabupaten Bintan di Tembeling Tanjungpinang, dicaplok untuk lokasi tambang bauksit. Justru itu, dewan langsung meninjau lokasi bersama tim Satpol PP, Kecamatan Teluk Bintan, Kelurahan Tembeling Tanjung dan perwakilan warga setempat, Selasa (24/7) kemarin.

”Kita dapat laporan, ada isu tak sedap. Dikatakannya, usaha tambang bauksit mencaplok atau masuk ke area bumi perkemahan. Ya, kita cemas, makanya langsung turun,” kata Daeng M Yatir, Ketua Komisi I DPRD Bintan, didampingi anggota lainnya.

Setelah dicek di lokasi, area bumi perkemahan Kwarcab Bintan seluas 18 hektare yang dipagari kawat tersebut, masih utuh. Tidak ada pencaplokan area maupun aktivitas penambangan di dalam kawasan bumi perkemahan.

”Kalau memang dicaplok, tentu lah pagarnya sudah roboh atau berpindah. Ternyata, informasi pencaplokan atau penyerobotan lahan bumi perkemahan dari usaha tambang ini, adalah tak benar,” tegas M Yatir.

Bumi perkemahan yang berada di sebelah barat dari Markas Yonif Raider 136 Tuah Sakti ini, tidak pernah diganggu oleh aktivitas pertambangan, yang tidak jauh di sekitar lokasi.

”Kalau usaha tambang bauksit, selagi sesuai aturan, ya silakan jalan. Toh memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat sekitar. Warga tempatan kan dapat kerja. Sampai sekarang, tak ada masalah dengan area bumi perkemahan ini,” tambahnya didampingi Agustinus Purba.

Anggota Komisi I DPRD Bintan Hasriawadi menambahkan, area bumi perkemahan Kwarcab Bintan saat ini minim perawatan. Sejumlah bangunan di area tersebut banyak yang rusak, dan belum berfungsi optimal.

”Pemerintah harus mengkaji ulang pengelolaan bumi perkemahan di Tembeling Tanjungpinang. Untuk perbaikan sarana, perlu dibangun batu miring. Bisa saja dari kemitraan dengan perusahaan tambang di sekitar,” saran pria yang biasa disapa Gentong ini. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here