Dewan Dukung Pemekaran Desa

0
36
H Kamaruddin Ali

NATUNA – Wakil Ketua I DPRD Lingga H Kamarudin Ali mendukung rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga untuk memekarkan 12 desa di berbagai kecamatan di Lingga.

Rencana pemekaran ini, akan menjadi prioritas legislatif dan eksekutif untuk segera direalisasikan. Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, pemekaran desa nantinya akan memperpendek rentang kendali urusan masyarakat dengan pemerintah.

”Wilayah Lingga ini secara geografis terdiri dari kepulauan. Kondisi ini menyebabkan pelayanan tidak maksimal karena jarak yang jauh,” kata Kamarudin Ali, kemarin.

Wak Den sapaan akrab Kamarudin Ali menambahkan, pemekaran ini juga akan berdampak pada penekanan biaya pelayanan masyarakat terutama di wilayah Kecamatan Senayang yang secara geografis terdiri dari pulau-pulau.

”Ini akan menekan biaya pelayanan masyarakat, terutama kawasan Senayang yang geografis dari pulau-pulau,” ucapnya.

Rencana pemekaran ini, turut dapat mengembangkan pertumbuhan atau peluang ekonomi masyarakat dimana pelayanan pemerintah desa akan lebih mudah terjangkau. Saat ini, DPRD tinggal menunggu draf perda eksekutif.

Ia menyampaikan, Bupati Lingga serta beberapa pihak lain yang terkait sedang mengkaji terkait pemekaran desa tersebut. ”Bupati dan stafnya serta pihak terkait lainnya sedang mendalami, Kita tunggu,” ujar dia.

Dia berharap, selepas bulan suci Ramadan ini DPRD Lingga sudah menerima draf rancangan perda eksekutif yang dimaksud. Disinggung desa manakah yang akan dimekarkan, DPRD masih menunggu kesepakatan bersama.

Tapi dia memperkirakan desa yang akan mekar seperti desa Batu Belubang yakni Dusun Berjung, Desa Rejai yakni Dusun Buyu, termasuk Desa Limbung yakni Dusun Centeng dan beberapa lainnya.”Kita tunggu dan kita lihat nanti hasil kajian itu. Mudah-mudahan cepat pemekaran,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here