Dewan Minta Pendataan Pemilih Secara Akurat

0
66
Daeng M Yatir

Panwaslu Buka Pos Pengaduan

BINTAN – Komisi I DPRD Bintan meminta agar petugas pencocokan dan penelitian (coklit), melakukan pendataan pemilih secara akurat. Karena, masih ada warga yang merasa belum didatangi oleh petugas.

”Untuk Pemilu 2019 nanti, Bintan terdiri dari empat dapil. Pendataan pemilih harus akurat. Jangan sampai ada warga yang masuk ke dapil lain. Dan semua warga dipastikan terdata. Karena masih ada warga yang melapor, belum didatangi petugas,” kata Daeng M Yatir, Ketua Komisi I DPRD Bintan, kemarin.

Sementara, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bintan segera membuka pos pengaduan hasil pencocokan dan penelitian (coklit), yang berakhir dilakukan, Kamis (17/5) kemarin.

Ondi Doni Susanto, Anggota Panwaslu Bintan yang dihubungi mengatakan, pos pengaduan tersebut akan dibuka di setiap sekretariat Panwascam, yang ada di seluruh kecamatan di Bintan.

”Ya, ini untuk perbaikan atau lebih memantapkan hasil coklit oleh KPU dan jajarannya. Karena kemarin, kami ada mendapatkan temuan data yang berbeda saat coklit. Sehingga, perlu ada perbaikan. Kami harap masyarakat dapat pro aktif melaporkan ke Panwascam setempat,” imbaunya, Kamis (17/5).

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan jajarannya untuk menyosialisasikan program tersebut. Pengaduan itu sampai ke tahapan penetapan DPT. ”Dalam beberapa hari ini, akan kami mulai buka posko pengaduan,” jelasnya.

Handaru, Ketua Panwascam Bintan Utara membenarkan akan dibukanya pos pengaduan di sekretariatnya. Dijelaskannya hal tersebut sudah dikoordinasikan dan sedang dalam membuat spanduk untuk sosialisasi.

”Mungkin dalam waktu 1 atau 2 hari ini, kan hari ini (kemarin, red) terakhir coklit,” jawabnya. (fre/aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here