Dewan Nilai TAPD Tak Konsisten

0
670

TANJUNGPINANG – Ketua Komisi II Bidang Perekonomian dan Keuangan DPRD Kepri, Hotman Hutapea, menuturkan, sejauh ini anggota DPRD yang terlibat dalam rapat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 sangat disiplin waktu.

Yang jadi masalahnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dalam hal ini Bappeda yang juga Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang tidak disiplin waktu. Mereka sering tidak datang rapat saat pembahasan APBD bersama para perwakilan anggota komisi.

”Bukan telat, melainkan Bappeda yang tidak konsen. Seperti kemarin, rapat masalah pra APBD Perubahan ini di Graha Kepri, tidak dihadiri kepala Bappeda, melainkan diwakilkan stafnya, Teguh. Sedangkan sekdaprov rapat pejabat sekda seluruh Indonesia di Jakarta. Jadi beliau tidak bisa hadir,” jelas politisi Partai Demokrat Dapil Kota Batam itu kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (13/9).

Baca Juga :  245.102 Baby Lobster Dilepas di Natuna

Lebih lanjut Hotman menegaskan, seharusnya di tenggat waktu yang sudah sangat terdesak seperti ini, ditambah lagi kondisi pertumbuhan ekonomi Kepri yang tak stabil, seharusnya, masalah penting yang menyangkut hak masyarakat banyak harus diutamakan.

”Jadi jangan seperti ini, kalau ada ketidaksinkronan itu tanggung jawab TAPD. Tapi siapa yang bikin program, Bappeda. Sekarang dia bertanggungjawab lah, kalau misalnya dia tidak hadir. Harusnya ngikutin yang sudah dibahas. Bisa saya buktikan dengan absensi. Jangan tiba-tiba di akhir mengubah sesuai keinginannya,” jelas Hotman.

Baca Juga :  3.442 Mobil Mewah Padati Pelabuhan Lobam

Hotman tidak menepis, bahwa keterlambatan penyusunan APBD Perubahan ini, akan berdampak terhadap penyusunan APBD murni tahun 2018 mendatang. Di UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah itu, lanjut dia, pemerintah dan DPRD itu menyusun bersama.

Artinya, program yang akan dibawa ke Musrenbang itu nantinya, hasil dari reses dan masukan masyarakat. ”Di musrenbang itu di masukkan, apa yang dibunyikan itu semua program dari masyarakat,” katanya. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here