Dewan Segera Laksanakan Reses Ketiga

0
835
MENINJAU: Anggota Dewan saat meninjau proyek pembangunan bersama unsur OPD Pemkab Anambas, belum lama ini. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Anggota DPRD Kabupaten Anambas akan melaksanakan reses ketiga tahun 2017 dalam waktu dekat. Seperti diketahui, masa reses adalah masa kegiatan anggota dewan di luar kegiatan masa sidang untuk menjaring aspirasi masyarakat.

Masa reses mengikuti masa persidangan yang dilakukan sebanyak tiga kali dalam setahun atau 14 kali reses dalam periode 5 tahun masa jabatan DPRD. Masa reses, merupakan masa dimana para anggota dewan menemui konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing.

Pelaksanaan tugas anggota dewan di dapilnya masing-masing, untuk menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan yang dikenal dengan kunjungan kerja. Kunjungan kerja ini bisa dilakukan oleh anggota dewan secara perorangan, maupun secara berkelompok.

Baca Juga :  Pusat Bangun 5 Puskesmas Baru

Imran Ketua DPRD Kabupaten Anambas mengatakan, sesuai dengan jadwal Badan Musyawarah (Banmus) yang telah disahkan. Reses anggota DPRD, akan dilaksanakan pada tanggal 23 september mendatang. ”Namun sepertinya hal itu tidak dapat dilaksanakan, dikarenakan ada suatu dan lain hal,” kata Imran, Selasa (19/8).

Kendati demikian, ia mengungkapkan paling lambat akhir bulan September reses sudah dapat dilakukan. ”Kita akan rapatkan di Banmus terlebih dahulu, agar dapat jadwal yang tepat. Insya Allah paling lambat akhir September sudah dapat dilaksanakan,” terang Imran.

Baca Juga :  Polsek Selidiki Kapal Puskel

Tahun ini, lanjut Imran reses, anggota DPRD lebih banyak dari tahun 2016 yang hanya dilakukan dua kali. Menurutnya, anggota DPRD dapat melaksanakan reses di daerah manapun di Anambas. Namun, hal ini menjadi kontra produktif dilaksanakan dari segi politis.

Mengingat, reses tersebut sebaiknya dilakukan di daerah pemilihan (Dapil) nya karena dapat bertemu dengan konstituen yang telah memilihnya. ”Rata-rata di Anambas wakil rakyat melakukan reses di daerah pemilihannya. Anambas sendiri terdiri dari tiga dapil,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, reses yang dilaksanakan tahum 2017 ini untuk menjaring aspirasi masyarakat, yang akan dimasukkan dalam pembahasan APBD murni tahun anggaran 2018. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here