Dewan Usulkan Ranperda Pengelolaan Sampah

0
247
SEJUMLAH anggota DPRD hadir dalam rapat paripurna penyampaian usulan Ranperda Pengelolaan Sampah. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Pihak DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pengelolaan sampah. Hal ini dikarenakan meningkatnya sampah yang bertebaran di lingkungan, dan mempengaruhi kesehatan masyarakat.

”Sampah merupakan permasalahan nasional, maka Pemerintah Pusat konsen mengatasi permasalahan ini dengan membentuk Undang-undang 18 tahun 2008 tentang persampahan. Sehingga, harus ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah dan kami mengusulkan Ranperda tentang pengelolaan sampah,” ujar Ayub, selaku anggota Pansus DPRD Pembentukan Ranperda Pengelolaan Sampah, Rabu (11/4) saat menggelar Rapat Paripurna.

Ayub menjelaskan, di Anambas sendiri permasalahan sampah belum menemui titik terang. Sampah setiap tahun semakin meningkat dan akan berdampak terhadap kesehatan masyarakat. ”Sesuai UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, maka Pemerintah Daerah wajib dan harus menjalankan pelayanan publik serta mengatasi permasalahan sampah. Dengan tidak melupakan perlengkapan sarana dan prasarana,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemerintah harus memperhatikan kualitas hidup masyarakat dan rasa nyaman terhadap lingkungan. ”Ini juga akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat serta mendukung perkembangan pariwisata,” jelasnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here