Dharmaduta Buddha Dapat Pembinaan Khotbah

0
572
PEMBINAAN: Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang H Muhammad Nasir saat berikan pembinaan kepada Dharmaduta. f-ist/KEMENAg kota

TANJUNGPINANG – 25 peserta utusan dari perwakilan majelis agama Buddha se-Kota Tanjungpinang mengikuti pembinaan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang.

Pembinaan itu disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha sejak, Minggu (19/3) lalu.

Pembinaan Dharmaduta atau pemberi khotbah ajaran Buddha ini, untuk memotivasi para Dharmaduta dalam membina umat Buddha.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang, H Muhammad Nasir meminta seluruh Dharmaduta untuk tidak jenuh melakukan pembinaan.

”Selain itu harapan kami, Dharmduta senantiasa melakukan pembinaan dalam menanamkan kebaikan bagi seluruh umat Buddha di Tanjungpinang,” tegasnya, Kamis (23/3).

Menurutnya hal itu merupakan tanggungjawab bersama, dalam mengawal dan memperbaiki kualitas moral umat.

Tujuannya, agar menjadikan umat manusia yang beretika, dan dapat hidup rukun dengan suku dan agama yang berbeda.

”Para Dharmaduta yang mengikuti kegiatan ini, adalah Dharmaduta dari majelis-majelis di Kota Tanjungpinang,” terangnya.

Kasi Bimas Buddha Kemenag Kota Tanjungpinang Parjio S Ag menambahkan, kegiatan ini mengambil tema ”Dengan Pembinaan Dharmaduta, Tingkatkan Kualitas Pelayanan dan Bimbingan Keagamaan Kepada Umat Buddha”.

Tema itu diharapkan, dapat meningkatkan mutu pelayanan Dharmaduta baik dari sisi teknis maupun penatalaksanaan administrasi.

Parjio menyarankan, agar dalam berkhotbah juga dituntut selalu berinovasi, khususnya dalam metode penyampaian sehingga tidak terkesan monoton.

”Dalam pembinaan ini, kita berikan pembekalan kepada para Dharmaduta agar mengedepankan etika penyiaran yang sejuk,” sebut Parjio.

Sejuk yang dimaksud, tidak menyinggung inti ajaran umat yang lain serta penyampaian khotbah lebih bervariasi agar umat tidak bosan dan menjauh.

Seluruh Dharmaduta sangat antusias, dalam mengikuti pembinaan dan bimbingan yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang.

Eko Hendriyanto S Pd B, salah satu peserta kegiatan mengatakan apresiasinya, Kasi Bimas Buddha Kemenag Kota Tanjungpinang yang telah melaksanakan kegiatan.

”Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai Dharmaduta, untuk pola pembinaan umat Buddha,” ungkapnya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here