Di Tanjungpinang, Justru Mubazir

0
1128
BERSIHKAN JALAN: Pengelola Bandara Hang Nadim Batam mendatangkan mobil pembersih jalan.f-istimewa/humas bp batam

Mobil Pembersih Dioperasikan di Hang Nadim

Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim menghadirkan dua unit kendaraan sejenis mobil pembersih (sweeper) merek Dulevo, seri 6.000 Evolution Maxi.

TANJUNGPINANG – HANYA saja, berdasarkan pengalaman Pemko Tanjungpinang yang sudah duluan menggunakan mobil sejenis ini, hasil kerjanya tidak begitu memuaskan. Lebih bersih hasil tangan manusia.

Pihak Bandara Hang Nadim telah melakukan ujicoba, Rabu (13/9). Jenis mobil ini disebut sebagai produksi terbaru dari Italia.
Sebagaimana disampaikan General Operasional Bandara Hang Nadim, Suwarso, dua unit mobil pembersih ini akan menambahkan mobil sweeper type 5000 yang sudah dioperasikan tahun 2016 lalu. Dimana sebelumnya, Hang Nadim mengoperasikan dua unit mobil sweeper merek Mitsubishi. ”Kendaraan sweeper merek Dulevo adalah keluaran terbaru dengan penyedia PT Starindo Cleaning Teechnologies,” ujar Suwarso.

Baca Juga :  Taksi Online Tetap Dilarang Operasi

Diungkapkannya, informasi yang mereka terima, Dinas Kebersihan DKI sudah sudah mengoperasikan sweeper merek Dulevo Seri 5000 sebanyak 21 unit. Direncanakan akhir tahun ini DKI Jakarta akan menambah tipe 6000 sebanyak 27 unit. Sehingga Batam lebih dulu menggunakannya.

”Sweeper ini bekerja 1 jam hanya memerlukan 15 liter BBM. Dalam ujicoba segala kotoran seperti batu, pasir, daun, rumput, bekas minuman dan lainnya bisa disedot,” katanya.

Selain itu, daya tampungnya bisa mencapai 6 ton. Lebih banyak dibandingkan dengan sweeper merek Mitsubishi, Delevo lebih kecil. Jadi memungkinkan di tempat yang sempit. ”Dengan bertambah sweeper ini akan mempermudah untuk menjaga kebersihan run way dan apron Bandara Hang Nadim,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bangun Jembatan Batam-Singapura

Sebelumnya, Pemprov Kepri telah menyerahkan satu unit mobil kebersihan penyapu jalan kepada Wali Kota Tanjungpinang H.Lis Darmansyah SH, 5 Maret 2013 di Aula Kantor Wali Kota Tanjungpinang di Senggarang.

Dalam kesempatan tersebut Lis menyampaikan ucapan terimakasinya kepada rombongan Pemprov Kepri yang datang memberikan bantuan mobil kebersihan penyapu jalan tersebut.
Tanjungpinang dalam melaksanakan otonomi daerah dan sebagai Ibukota Provinsi perlu banyak pembenahan lagi, oleh sebab itu perlu dukungan dari Provinsi Kepri baik dari segi sarana maupun prasarana.

Kepala Bidang Perkim dan Kebersihan di Dinas Perumahan Rakyat Permukiman Kebersihan dan Pertamanan (Perkim) Kota Tanjungpinang, Wambok Malilu mengatakan, pihaknya sudah tidak lagi menggunakan road sweeper truck.

Baca Juga :  Zakmi Jadi Ketua SMSI Kepri

Alasannya, karena sudah ada tenaga manual yaitu tenaga petugas kebersihan yang dimiliki Dinas Perkim Kota Tanjungpinang. ”Ada. Mobil sweeper-nya di kantor. Kita tak gunakan lagi,” kata Wambok kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (14/9). Ia tidak tahu apakah road sweeper tuck tersebut rusak atau tidak. ”Karena itu bukan bidang saya. Itu bidang sarana dan prasarana,” ucap dia.

Memang, kata dia, dulu road sweeper truck sempat digunakan untuk menyapu debu di jalan Tanjungpinang. Sekarang sudah tida lagi digunakan. ”Lebih enak manual dari pada mobil itu,” sebut dia.(MARTUA-ANDRI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here