Diabaikan, Skuat SSB Blue Eagle Naik Pikap

0
283
PELATIH Edison dan skuat SSB Blue Eagle Batam naik pikap saat mengarak piala juara II Aqua DNC 2018 regional Sumbagut. SSB yang lolos ke nasional ini hanya dijemput oleh Surya Makmur, saat tiba di Bandara Hang Nadim, Batam. f-istimewa

Niat dan Salat Pemain, Kunci Menuju Laga Nasional

TANJUNGPINANG – PRESTASI yang dicapai pelatih, asisten pelatih dan skuat Sekolah Sepak Bola (SSB) Blue Eagle, di laga Aqua Danone Nations Cup (DNC) 2018 regional Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) terkesan diabaikan. SSB Blue Eagle yang melaju ke laga nasional ini, tidak dijemput maupun difasilitasi Pemprov Kepri dan Pemko Batam, saat tiba di Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Senin (5/2) lalu.

”Mereka (Gubernur Kepri dan Wali Kota Batam, red) tidak ada yang menjemput di Bandara Hang Nadim Batam. Skuat SSB Blue Eagle ini pun naik mobil pikap, saat mengarak trofi juara itu,” kata Surya Makmur Nasution, saat ditanya Tanjungpinang Pos, di kawasan Bintan Centre, Tanjungpinang, Selasa (6/2) kemarin.

Meski empat SSB terbaik Kepri ini tidak mendapat bantuan dari gubernur dan pejabat di lingkungan Provinsi Kepri, Surya Makmur Nasution tidak kecewa. Selaku anggota DPRD Kepri, Surya Makmur sempat memberikan sumbangan kepada SSB Blue Eagle dan tiga SSB Kepri lainnya, saat akan berangkat ke Meda, untuk bertanding dalam ajang Aqua DNC regional Sumbagut. Masing-masing SSB mendapat bantuan Rp 2,5 juta.

”Saya sangat terharu dengan prestasi Blue Eagle dan tiga SSB lainnya di cabang sepak bola,” tutur Surya Makmur, usai meresmikan Kantor Cabang HmI Tanjungpinang-Bintan.

Pelatih, asisten pelatih dan skuat SSB Blue Eagle Batam merasa bangga, ketika mewakili Provinsi Kepri dan bisa lolos ke laga nasional dalam kompetisi Aqua DNC 2018. Blue Eagle menjadi runner-up di regional Sumbagut. Meski naik mobil pikap dari bandara Hang Nadim Batam ke base came, pelatih dan skuat SSB Blue Eagle tidak berkecil hati.

SSB Blue Eagle berdiri pada Februari tahun 2011 lalu, dipelopori oleh Edison, Sudirman, Juanda dan Roni Malano. Edison merupakan karyawan Citra Tubindo, salah satu perusahaan di Batam. Edison hobi bermain sepak bola.

”Ide pendirian SSB Blue Eagle ini adalah, untuk menghindarkan anak-anak usia sekolah dari perilaku-perilaku negatif, seperti merokok atau kecanduan warnet,” kata Edison, setelah tiba di Kepri.

Setelah melakukan pertemuan awal, akhirnya disepakati tempat latihan yaitu lapangan Legenda Malaka, yang berada di lingkungan tempat tinggal para pendiri. Edison satu dari beberapa orang pendiri Blue Eagle pernah menjadi pemain sepak bola di Pratama Semen Padang. Justru itu, Edison dipercaya untuk melatih anak-anak Blue Eagle, yang pada saat itu masih berjumlah belasan anak.

Seiring berjalannya waktu, jumlah siswa semakin bertambah dan berbagai prestasi diraih. Lapangan berlumpur saat hujan dan berdebu saat kemarau, tidak membuat surut semangat latihan. Jadwal latihan Blue Eagle dilakukan empat kali seminggu. Yaitu Rabu, Jumat, Sabtu pukul 15.30 dan Ahad pukul 14.00.

Sampai saat ini, yang terdaftar di SSB Blue Eagle sebanyak 180-an orang siswa. Namun yang aktif latihan dan mengikuti berbagai turnamen sekitar 80-an siswa. Prestasi yang pernah diraih pada tahun 2017 adalah Juara 1 U-14 POBSI PSSI Batam, Juara 3 U-10 Danone Palembang, Juara 1 U-10 Blue Eagle Cup, Juara 1 U-12 Blue Eagle Cup, Juara 3 U-9 Blue Eagle Cup, Juara 3 U-10 Citramas Cup, Juara 3 U-12 Citramas Cup, Juara 1 U-10 dan U-12 dan U-16 PSSI Batam.

Dalam meraih prestasi itu, Edison dan para pendiri Blue Eagle memiliki kunci kesuksesan. Menurut Edison, kunci kesuksesan di ajang Aqua DNC 2018 regional Sumbagut itu adalah niat juara dan disiplin, kejujuran, kekompakan antara orangtua dengan anak bersama manajemen SSB. Namun yang lebih penting, pemain SSB harus menjalankan salat lima waktu.

”Kepada anak-anak selalu kami bilang, agama adalah nomor satu dan di atas segalanya. Justru itu, niat ingin menjadi juara dan salat bagi pemain, adalah kunci keberhasilan kami menuju laga Aqua DNC 2018 di tingkat nasional,” demikian dipaparkan Edison kepada koran ini.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here