Diam-diam Pemko Ubah APBDP Batam

0
346
Ketua DPRD Batam Nuryanto dan Pansus LKPJ Wako Batam memberikan keterangan terkait hasil pansus sebelum rapat paripurna Senin (14/5). f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – DPRD Kota Batam melalui Pansus LKPJ Wali Kota tahun 2017 mempertanyakan pengelolaan keuangan di Pemko. Mereka mempertanyakan langkah Pemko mengubah APBD perubahan 2017 setelah disahkan di paripurna, tanpa melakukan koordinasi ke DPRD Batam.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto, didampingi Ketua Pansus LKPJ Wako, Riky Indrakari, Dendis Rajagukguk dan Mesrawati T, Senin (14/5) di Batam menyebutkan Pemko melakukan adendum tanpa DPRD. ”Mereka membuat perubahan tanpa DPRD. Katanya mereka punya wewenang. Tapi UU dan PP serta Permen mengatur lain. Ada substansi yang menjadikan alasan adendum,” tegas Nuryanto.

Diingatkan, ke depan Pemko diminta tidak menggunakan istilah melakukan perubahan yang sudah disepakati, tanpa melibatkan DPRD. Itu bagian rekomendasi Pansus. Ada 40 poin rekomendasi Pansus yang harus dijalankan Pemko. Kami juga akan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Kepri,” tegasnya.

Ketua Pansus LKPJ, Riky Indrakari menambahkan, poin penting di catatan mereka, terkait output kinerja. Untuk 2017, Pemko ada kelemahan mengelola program dan anggaran. Sehingga menyebabkan target meleceng dan ada kegiatan yang tertunda.

”Kinerja belum dapat target. Akibatnya, anggaran 2018 membiayai tunda salur. Kita masukkan dalam catatan soal infrastruktur itu, pelayanan publik dan kinerja pendapatan,” cetus Riky.

Dalam hal pemerintah memiliki kewajiban ke pihak ketiga, DPRD menemukan kegiatan tunda salur untuk bidang tertentu. Namun belum tau itu utang atau karena kegiatan belum selesai, sehingga memerlukan andedum.

”Peraturan pemerintah tahun 2018 tentang pengawasan menyebutkan harus ada dasar kuat, seperti bencana alam, untuk adendum,” ungkapnya.

Untuk tunda bayar yang dianggarkan di tahun 2018 ini, sebanyak Rp74? miliar, setelah menggunakan silpa tahun 2017 sekitar Rp36 miliar dan lainnya. (MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here