Dibantu Rp 80 Juta, Dapat Untung Rp 120 Juta

0
616
PANEN SEMANGKA: Camat Toapaya Riang Anggraini, Kades Suhenda panen semangka bersama Bupati Bintan H Apri Sujadi, Kadis Pertanian Supriyono, dan Zulkili, kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

Usaha Budi Daya Semangka di Toapaya Selatan

TOAPAYA – Camat Toapaya Riang Anggraini dan Kades Toapaya Selatan Suhenda semringah, ketika menyambut kunjungan Bupati Bintan H Apri Sujadi, di perkebunan budi daya semangka, Minggu (5/11) pagi kemarin. Di depan bupati, mereka langsung menyebutkan, usaha budi daya semangka bantuan dari Pemkab itu, mendapat untung besar.

Bupati Bintan H Apri Sujadi langsung membalas dengan senyuman puas. Ia pun melakukan panen semangka bersama, disejalankan dengan syukuran bersama masyarakat Desa Toapaya Selatan. Di sela syukuran itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi memberikan apresiasi positif atas usaha masyarakat Desa Toapaya Selatan melalui BUMDes, yang dikelola pemerintah setempat atas pengawasan Kecamatan Toapaya. H Apri Sujadi awalnya tak menyangka, panen semangka itu melebihi 40 ton.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Usulkan Bukit Kerang

”Kita bantu Rp 80 juta, BUMDes dan warga Toapaya Selatan menerima penjualan mencapai Rp lebih dari Rp 200 juta. Kan sudah untung sekitar Rp 120 juta. Ini luar biasa. Kita patut bangga atas usaha ini,” kata H Apri Sujadi.

Riang Anggraini selaku Camat Toapaya mengungkapkan, bantuan Rp 80 Juta dari Pemkab Bintan melalui Dinas Pertanian itu digunakan untuk pembersihan lahan, pembelian pipa pengairan, bibit, upah pekerja dan biaya perawatan. Setelah kurang lebih dua bulan, lahan perkebunan semangka seluas 2 hektare ini mampu meraih omzet penjualan lebih dari Rp 200 Juta. ”Keuntungan mencapai Rp 120 juta ini, nantinya sebagian akan menjadi PAD Desa. Ke depannya, akan lebih kita kembangkan lagi. Kami di Toapaya ini punya potensi pertanian,” ungkap Riang Anggraini.

Baca Juga :  Kapal Pemain BBM Diamankan KPLP

Kades Toapaya Selatan Suhenda memaparkan, usaha budi daya semangka ini ditata dengan konsep ramah lingkungan. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk organik hayati, yang menjadi satu poin penilaian saat Desa Toapaya Selatan berhasil meraih predikat desa terbaik ketiga tingkat nasional, regional Sumatera, belum lama ini. ”Semoga ini jadi langkah awal dalam pengembangan sektor perkebunan di sini,” terangnya.

Panen semangka tersebut dihadiri anggota DPRD Bintan Zulkifli, Kadis Pertanian Bintan Supriyono, Kasatpol PP M Insan Amin dan sejumlah perangkat desa. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here