Didorong Penguatan Otonomi Batam

0
478
Salaman: Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyalami Sekda Batam usai Upacara Hari Otonomi Daerah, kemarin. F-istimewa/ humas pemko batam

BATAM – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah I Sumatera merekomendasikan penguatan kewenangan Pemerintah Kota Batam.

Rekomendasi ini masuk dalam poin kedua Deklarasi Batam sebagai hasil rapat koordinasi Komwil I Apeksi.

Rekomendasi itu diakui Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Selasa (25/4) saat upacara peringatan hari Otonomi Daerah, di Tumenggung Abdul Jamal, Batam.

Diakui, kesepakatan yang menjadi rekomendasi dari Apeksi itu dihasilkan minggu lalu saat rapat di Batam.

”24 pemerintah kota di wilayah Sumatera menyepakati dan mendorong pemerintah pusat agar melakukan penguatan otonomi daerah di Kota Batam,” kata Amsakar.

Dikatakan, penguatan khususnya di bidang pertanahan. Karena selama ini ada sembilan urusan di bidang pertanahan yang tidak pernah menjadi kewenangan dan urusan Pemerintah Kota Batam.

”Rekomendasi itu, penting untuk kita sampaikan juga ke pusat. Ini wewenang yang tidak ada selama ini,” katanya.

Kata Amsakar, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengingatkan bahwa pemerintah harus meningkatkan pelayanan publik, memberikan kemudahan perizinan dan investasi, serta memanfaatkan teknologi informasi. Ini cukup relevan jika pesan mengenai hasil rekomendasi Apeksi Komwil I tersebut disampaikan kepada para PNS Batam.

”Rekomendasi ini akan disampaikan ke pemerintah pusat, ke Mendagri. Kita harapkan dapat memberi spirit atas perjuangan yang kita lakukan selama ini terkait overlapping, persinggungan, irisan kewenangan yang terjadi saat ini. Kita sudah bergerak di semua lini, sudah dibahas di berbagai tingkat,” ujarnya.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here