Dies Natalis, UMRAH Gelar Lomba

0
196
PLT Gubernur Kepri H Isdianto didampingi beberapa kepala OPD Pemprov saat menerima pengurus BEM UMRAH di Kantor Gubernur di Dompak, Senin (5/8). f-istimewa/humas pemprov kepri
Menjelang Dies Natalis tahun 2019 ini, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang menggelar dua lomba yakni debat dan karya tulis ilmiah.

DOMPAK – UNTUK mendukung suksesnya kegiatan itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) UMRAH Tanjungpinang silaturahmi dengan pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri H Isdianto.

H. Isdianto didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri menerima kunjungan pengurus BEM tersebut di ruang kerjanya lantai IV Kantor Gubernur di Dompak, Tanjungpinang, Senin (5/8).

Dalam pertemuan ini para mahasiswa bertujuan meminta dukungan dari Pemprov Kepri terkait rencana akan digelarnya kegiatan lomba debat dan karya tulis ilmiah nasional dalam rangka die natalis UMRAH tahun 2019 yang akan dilaksanakan akhir September nanti.

Para mahasiswa yang menemui Plt. Gubernur tersebut diantaranya Rindi Afriandi selaku Presiden Mahasiswa UMRAH. Didampingi oleh Pardomuan Situmorang selaku Sekretaris Mahasiswa serta beberapa ketua bidang.

Rencananya BEM KM UMRAH Tanjungpinang akan menggelar kegiatan lomba debat dan karya menulis ilmiah tingkat nasional ini di 25 sampai dengan 30 September mendatang.

Plt. Gubernur H. Isdianto menyambut baik rombongan BEM KM UMRAH ini, dan siap mendukung kegiatan para mahasiswa tersebut.

Mengingat lomba karya tulis dan lomba debat tingkat nasional yang digagas tersebut merupakan bagian dari upaya kongkrit dalam menciptakan generasi muda yang berdaya saing, kreatif dan inovatif.

”Tidak hanya mahasiswa UMRAH saja, tapi semua kampus yang ada di Kepri kita perhatikan dan kita dukung untuk setiap kegiatan seperti ini. Kita akan ikut andil dan mendukung kegiatan ini nantinya. Masalah bentuk dan jumlah bantuannya seperti apa, tentu kita sesuaikan dengan kondisi kemampuan Pemprov Kepri,” kata Isdianto.

Turut mendampingi Isdianto pada kesempatan ini Asisten I Syamsul Bahrum, Kepala Dispenda Reni Yusneli, Kepala Biro Umum Martin Maromon, Kepala Dinas Pendidikan M Dali, Kepala Dinas Pariwisata Buralimar, Kepala Biro Ekonomi Heri Andrianto dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Mafrizon.

Saat ini, UMRAH Tanjungpinang memiliki lima fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Adapun visi UMRAH adalah, menjadi pusat unggulan riset dan budaya maritim yang berdaya saing internasional pada tahun 2040.

Sedangkan misinya, Misi UMRAH, menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berwawasan kemaritiman yang berbudaya dan bereputasi internasional.

Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya melalui riset dan inovasi berbasis kemaritiman yang bereputasi internasional.

Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset dan inovasi yang berwawasan kemaritiman dan bereputasi internasional.

Serta membangun kerja sama institusi dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri untuk mempercepat pengembangan, penguatan dan pencapaian kelembagaan yang terkemuka di tingkat internasional.

Tujuan didirikannya UMRAH untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, berbudaya, berwawasan kemaritiman dengan cara mengintegrasikan konsep sains dan nilai-nilai budaya Melayu yang bersifat universal dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Mewujudkan tata kelola yang efektif, efisien, kreatif, dan produktif serta pranata pendidikan yang berwawasan kemaritiman dan bereputasi internasional.

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan budaya unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga yang wawasan kemaritiman.

Serta menjalin kerja sama institusi dalam menunjang penguatan kelembagaan yang bereputasi internasional.

Sekedar diketahui, UMRAH Tanjungpinang merupakan salah satu universitas termuda di negeri ini yang memiliki nilai strategis bagi wilayah yang bertempat di Provinsi Kepri.

Tidak hanya bagi Kepri, juga bagi Indonesia di wilayah barat. Karena kampus ini terletak di garis depan negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan Riau-Lingga.

UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No.124/D/O/2007 di Tanjungpinang, Ibukota Provinsi Kepri.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here