Dihantam Ombak Dua Meter, TB Charly Tenggelam

0
878
Suasana diatas KN Sarotama usai proses evakuasi TB Charly, Jumat (18/1)F-Jendaras/tanjungpinang pos

TANJUNGUBAN – Kapal Tugboat (TB) Charly berbendera Indonesia tenggelam di perairan Pulau Ngenang Batam atau tepatnya di koordinat 01 00 .753 Utara dan 104 11.857 Timur, Jumat (18/1) sekitar pukul 17.30 WIB.

Kapal yang dinahkodai Mardiman tersebut dihantam ombak setinggi dua meter yang mengakibatkan lambung sebelah kanan pecah dan akhirnya tenggelam.

Di dalam kapal juga ada empat ABK yaitu Rizki Septia, Andi Mangkau, Indra Ramadhan Yulia dan Sudirman.

Selain TB Charly yang berlayar dari Pertamina, Bintan menuju Sungai Guntung tersebut menarik kapal Tongkang (TK) Anugerah Indah XIV yang memiliki ABK tiga orang. Dinataranya, Desman Natalia, Samsul dan M Yunus.

Baca Juga :  Puluhan Nelayan Dapat Bantuan Kapal

Komandan PPLP Tanjunguban Mohamad Nasir melalui Kepala Bagian Operasional PPLP Tanjunguban, Syamsul Nizar mengatakan, TB Charly yang berbobot 32 GT tersebut sedang menarik TK Anugerah Indah XIV yang berbobot 168 GT.

Saat berada di perairan Pulau Ngenang, kapal dihantam gelombang tinggi.

“Saat kapal akan tenggelam, nahkoda dan empat ABK TB Charly melompat ke laut. Namun ke 5 orang tersebut dapat diselamatkan oleh tim SAR KN Sarotama, KN 547, KN 464, Tim SAR AL dan Basarnas Tanjungpinang,” jelasnya.

Baca Juga :  10 Tahun Tanpa Konversi Mitan Ke Gas

Setelah TB Charly tenggelam, TK Anugerah Indah XIV sempat hanyut, namun kapal tersebut berhasil diselamatkan dan ditarik oleh TB Kurnia 23 dan ditarik menuju Tanjunguban.

“Saat ini ke lima awak kapal TB Charly sedang di bawa ke perawatan medis. Kondisinya selamat dan tidak mengalami luka,” jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya belum dapat melakukan pengawasan maupun evakuasi terhadap TB Charly dikarenakan kondisi cuaca buruk dan gelombang laut juga tinggi.

“Kami belum standby kan kapal di lokasi, karena alurnya dalam dan gelombang tinggi,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here