Dijadikan Lokasi Wisata Serba Digital

0
575
SEKDAPROV Kepri TS ARif Fadillah mendengarkan penjelasan Kadis Kominfo Pemprov Kepri Guntur Sakti di Gedung Kepri Smart Province (KSP) di eks Kantor Gubernur Kepri di Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang, Rabu (3/1).F-istimewa/humas pemprov kepri

Gedung Eksgubernur Segera Disulap

TANJUNGPINANG – Aula eks Kantor Gubernur Kepri di Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang akan disulap menjadi kawasan wisata baru. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Kepri telah merancang kawasan ini menjadi pusat wisata serba digital.

Kadis Kominfo Pemprov Kepri, Guntur Sakti mengatakan, mereka sudah membuat master plan pengembangan kawasan seluas 4,2 hektare tersebut. Tahun 2018 ini akan dibuat Detailed Engineering Design (DED) dan jika APBD mencukupi, tahun 2019 mulai dibangun dan tahun 2020 sudah bisa dioperasikan.

Di hadapan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Guntur meminta agar disetujui anggaran pembangunan kawasan tersebut.

Baca Juga :  Angka Kelahiran Anak di Kepri Turun

Guntur sendiri melaui tv layar slide menunjukkan desain kawasan itu. Dalam penjelasannya, untuk meminta agar lokasi parkir yang ada di sampung aula tersebut dirobohkan.

Kemudian di sudut kanan akan dibangun satu gedung baru dengan nuansa Melayu dan bahari. Gedung itu di bagian atas berbentuk tanjak dan gedung berbentuk kapal.

”Jadi perpaduan bahwa kita daerah Melayu dan juga daerah bahari. Kapal adalah salah satu simbol bahari kita. Cuman saya tak tahu berapa biayanya pak,” ujar Guntur ke gubernur, Rabu (3/1) di gedung itu.

Baca Juga :  Warga Kepri Jangan Pecah karena Ulah Teroris

Nurdin sendiri mengaku setuju untuk mengubah kawasan itu. ”Kalau duitnya diminta saya mau. Cuman yang sebelah kiri (Arif Fadillah) penentunya. Mau tak dia ngasih,” kata Gubernur Nurdin sambil tertawa.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri itu melanjutkan, kawasan itu nantinya menjadi magnit untuk menarik pengunjung datang ke Pulau Dompak.

Sebab, kawasan itu berhadap-hadapan dengan Jembatan 1 Dompak dan Pulau Dompak. Ketika pengunjung duduk di kawasan itu, mereka pasti memandang Jembatan 1 dan Pulau Dompak dan akhirnya berkunjung ke Dompak.

”Jadi, kita akan menambah destinasi di Tanjungpinang. The new destination. Antara Jembatan 1 dan Pulau Dompak menjadi magnit yang sangat kuat nanti,” tambahnya.

Baca Juga :  Istri Prajurit Gelar Lomba dan Baksos

Kawasan itu akan dijadikan pintu gerbang serba digital. Diskominfo akan kerja sama dengan Telkom dan juga Yayasan Habibie. Nanti, akan disiapkan juga ahli dunia maya untuk mengajari pengunjung.

Kini, di gedung tersebut sudah terintergasi dengan Kepri Integrated Information System (KIIS) yang baru saja diresmikan staf ahli KemenpanRB. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here