Dikembangkan Warga dan Kepala Desa

0
370
WAGUB Kepri H Isdianto mengunjungi lokasi wisata Bukit Kapur Natuna, Sabtu (2/6) didampingi Sardison. f-dok/tanjungpinang pos

Bukit Kapur, Destinasi Wisata Baru Natuna

Ide yang kreatif, itulah yang dibutuhkan untuk pengembangan sektor wisata selain kondisi alam yang menjual dan pemandangannya indah. Ide kreatif juga yang menjadikan Bukit Kapur Natuna menjadi kawasan wisata baru.

NATUNA – LAHAN seluas 150 hektare dengan bentangan pegunungan dan hutan alami yang masih asri membuat kawasan Bukit Kapur menjadi lokasi wisata baru yang kini kerap dikunjungi masyarakat. Bahkan, Wakil Gubernur Kepri H Isdianto pun penasaran dengan kawasan wisata tersebut. Ternyata setelah berkunjung ke lokasi tersebut, Isdianto benar-benar kagum.

Saat itu Isdianto mengatakan, bahwa infrastruktur ke kawasan itu harus dibangun seperti jalan dan lokasi parkir. Kemudian, warga diingatkan jangan mengekploitasi kawasan itu agar tetap asri dengan jadi lokasi wisata yang terus menerus bisa dikembangkan.

Isdianto memberi perhatian serius bagi pengembangan pariwisata di Natuna. Banyak titik penuh pesona yang bisa menjadi objek-objek wisata, salah satunya kawasan Bukit Kapur. Wagub terpesona dengan pemandangan indah yang tersaji dari atas bukit tersebut. ”Pariwisata merupakan sektor yang harus terus kita tingkatkan karena ke depannya akan menjadi sumber pendapatan daerah yang tidak ada matinya selagi kita bisa menggalinya,” kata Isdianto dari Bukit Kapur, Natuna, Sabtu (2/6).

Dalam kunjungan itu, Wagub didampingi anggota DPRD Kepri Raja Astagena, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Pemprov Kepri Sardison, Sekretaris Dinas UKM dan Koperasi Fatutahman. Hadir pada kesempatan itu Kepala Desa Ceruk Ramli.

Isdianto mengatakan peningkatan infrastruktur di kawasan ini harus segera digesa. Sehingga para pengunjung mudah ketika menuju ke Bukit Kapur.

Walaupun menjadikan Bukit Kapur sebagai destinasi wisata, Wagub meminta untuk tetap menjaga ekosistem dan hutan di sekitar agar tidak dieksploitasi berlebihan. ”Kita harus bersama sama menjual pesona Bukit Kapur ini,” kata Isdianto.

Kades Ceruk Ramli mengatakan Bukit Kapur merupakan lahan pribadi masyarakat yang dikembangkan menjadi lokasi pariwisata baru di Natuna. Luas lahan tersebut sekitar lebih kurang 150 hektare akan terus dikembangkan.

”Untuk pembuatan jalan menuju lokasi Bukit Kapur menggunakan Dana Desa (DD) sementara pengembangan wisatanya dana berasal dari pribadi dan swadaya masyarakat,” kata Ramli.

Lokasi ini sangat bagus karena pemandangannya bisa langsung melihat Gunung Ranai dan Pulau Senoa. Dengan spot-spot untuk berfoto yang dibuat di ujung tebing Bukit Kapur membuat lokasi ini lebih menarik.

Saat ini setiap liburan wisatawan lokal sudah mulai berdatangan ke lokasi Bukit Kapur untuk menghabiskan waktu liburnya. Kawasan Wisata Bukit Kapur Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut menjadi kawasan favorit baru bagi masyarakat untuk berlibur. Momen liburan, lokasi itu paling ramai didatangi pengunjung.

Kawasan yang berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan laut (mdpl) itu diinisiasi oleh pemerintah desa setempat. Berbagai kelebihan terkandung di kawasan itu, mulai dari keindahan alam berupa hutan, alam ketinggian dan view-nya yang bisa menjangkau penjuru Natuna yang jauh.

Selain keindahan alam, berbagai assesoris wisata seperti puluhan payung yang dipasang di pohon kayu, gazebo, jembatan kayu dan prasarana lainnya turut melengkapi keindahan kawasan itu.

Kabupaten Natuna pun makin viral dengan hadirnya objek wisata Bukit Kapur itu. Geowisata yang berada di kaki gunung Ranai ini mulai dipopulerkan sejak akhir tahun 2017 hingga sekarang. Hampir seluruh masyarakat yang berada di Pulau Ranai penasaran dan sudah berkunjung ke tempat ini.

Awal tahun baru 2018 lalu, jalan yang menuju Bukit Kapur mengalami kemacetan dikarenakan banyak pengunjung yang berdatangan. Tempat ini dengan begitu mudah populer dikarenakan banyaknya pengguna media sosial yang mengunggah keindahan objek wisata itu.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here