Dikira Kucing, Ternyata Bayi di Kardus

0
1373
DIRAWAT: Paramedis RSUD Kepri Batu 8 Atas Tanjungpinang merawat bayi temuan di rumah sakit itu, kemarin. Bayi saat masih berada di dalam kardus (inset). f-istimewa

TANJUNGPINANG – Sesosok bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan di depan rumah warga di Jalan Daeng Celak Batu 8, RT 01-RW 08 Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Jumat (15/9) dinihari. Bayi itu masih hidup dan diduga baru beberapa jam dilahirkan sebelum diletakkan di depan rumah warga tersebut.

Bayi malang ini kali pertama ditemukan Farid (17). Saat ditemukan bayi perempuan berada di atas kursi panjang di dalam kardus. Bayi itu dibungkus kain gorden. Siti Nuraini (42) orang tua Farid mengatakan, anaknya pulang dari kerja kelompok sekitar pukul 01.00. Sesampainya di rumah, anaknya Farid melihat kotak di depan rumahnya yang juga dijadikan warung.

Awalnya Farid menduga yang di dalam kardus itu adalah kucingnya. Ia tak bisa melihat dengan jelas karena suasana gelap. Lampu sudah dimatikan saat itu. Ia pun berusaha mengangkat isi kardus tersebut. Saat dipegang, ia kaget. Rupanya bukan kucing, namun seorang bayi mungil. ”Lampu warung sudah dimatikan. Makanya anak saya tak bisa melihat dengan jelas isi kardusnya. Anak saya terkejut dan berteriak ada bayi ma,” katanya mengisahkan.

Baca Juga :  PGN Dukung Safari Ramadan BUMN di Bali

Mendengar teriakan anaknya, Siti langsung menghidupkan lampu serta menggunakan senter untuk melihat isi kardus tersebut. Setelah memastikan isi kotak adalah bayi, Siti langsung melapor kepada ketua RT setempat. ”Kondisi bayi pucat kedinginan. Anak itu tak pakai baju, hanya dibungkus kain gorden. Polisi sudah membawa bayi itu ke rumah sakit,” sebutnya.

Ia mengisahkan, sekitar pukul 23.00 malam itu, warungnya sudah ditutup. Satu jam kemudian, Siti sempat mendengar suara sepeda motor berhenti di warungnya tetapi tidak lama dan langsung jalan. ”Saya tidak mencurigai dengan motor yang berhenti. Warung juga dalam keadaan gelap,” jelasnya.

Baca Juga :  Bikin Hotel Sepi, Suvenir Tak Laku

Kepala Bagian (Kabag) Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Thabib Provinsi Kepri, Muahmmad Syafi’i mengatakan, malam itu mereka menerima seorang bayi perempuan sekitar pukul 02.00 yang ditemukan warga. ”Bayi itu diantar oleh pihak kepolisian. Sekarang kondisi bayi dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Bayi berjenis kelamin perempuan itu, lanjutnya, dibawa ke rumah sakit dalam kondisi tali pusar sudah terlepas dan berat badan bayi tiga kilogram. ”Bayi dalam keadaan sudah bersih dan plasenta sudah lepas. Sekarang bayi tersebut sedang dirawat di ruang perinatologi RSUP Batu 8,” tuturnya.

Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Syamsurizal menyebutkan, kemarin malam kami pihaknya menerima informasi sekitar pukul 01.45 WIB dari masyarakat ada penemuan bayi di dalam kardus.

Baca Juga :  Teken MoU, Bikin Agenda Pariwisata Bersama

Mendapat informasi itu, Babinkamtibmas bersama SPK pun menuju lokasi dan memang ada bayi perempuan dalam kardus. ”Kondisis bayi masih hidup dan langsung kita bawa ke rumah sakit,” jelasnya.

Kapolsek menyebutkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan pada kasus pembuangan bayi dan akan mengungkap siapa orangtua bayi yang tega membuang buah hatinya tersebut.

Ia mengharapkan masyarakat untuk memberikan informasi apabila ada warga yang hamil tapi tiba-tiba kandungannya hilang untuk segera melaporkan agar kasus ini cepat terungkap. ”Informasi dari masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengungkap kasus ini,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here