Dilatih Jadi Pemuda Andal, Siswa SMAN 10 Batam Ikuti Komsos

0
356
Siswa SMAN 10 batam mendengarkan p-enyampaian materi Kosmos Senin (26/8).

GALANG – Sebanyak 200 orang pelajar SMA Negeri Batam di 10 Cijantung mengikuti pelatihan pengetahuan tentang Komunikasi Sosial (Komsos) Senin (26/8).

Acara yang digelar di Aula SMA Negeri 10  Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang , Batam ini merupakan rangkaian kegiatan non-fisik Operasi Teritorial (Opster) TNI Galang 01 TA 2019 dengan sasarannya para pelajar Sekolah Menengah Atas. Kegiatan serupa juga sudah dilakukan di SMA Negeri 15 Nongsa, Batam bulan yang lalu. Pada kegiatan Komsos di SMA Negeri 10 ini, siswa SMA diajarkan beberapa material yang dapat mendukung kegiatan pelajar SMA.

Materi yang disajikan yaitu tentang Kesehatan disampaikan oleh Letda Laut (K/W) Dr. Destri dari Balai Kesehatan Lanal Batam, lalu yang Penyuluhan Hukum oleh Mayor Laut (KH) Krisno Hadi Susanto, S.H dari Diskum Lantamal IV.

Setelah pemberian materi yang kedua dilanjutkan materi tentang mengatasi berita hoaks oleh Wakasat Reskrim AKP Hari Pramono, S.H., S.Ik Polresta Barelang dan yang terakhir materi Bela Negara oleh Letkol (KH) Harazi, S.Ag., M.M., dari Spotmar Lantamal IV.

Kegiatan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu disusul sambutan Dansatgas Non Fisik Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto yang disampaikan oleh Pabanren Puanpotmar Spotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Drs. Heri Samudra.

Menurut Kepala Dispen Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay ada juga pemberian bantuan peralatan olah raga dan penyampai materi dan ditutup dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Dalam sambutannya Dansatgas Non Fisik Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto yang disampaikan oleh Letkol (KH) Drs,. Heri Samudra, perkembangan jaman semakin berat hingga sebagai generasi muda pelajar harus kuat dan semangat jika tidak bakal tergilas oleh jaman.

 “Capai cita-citamu, serta selalu menghormati orang tua sehingga harapan untuk menjadi pemimpin di masa depan dapat terwujud,” katanya.

Pabanren Puanpotmar Spotmar Lantamal IV, juga menyebut, sebagai pemuda harapan bangasa, pelajar harus andal dalam menjaga dan membangun negara dengan ketulusan hati serta  tekat yang kuat demi tegaknya NKRI

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 10 Ibu Heny meminta pembekalan itu dimanfaatkan oleh siswa untuk menggali pengetahuan. “manfaatkan kesempatan ini dengan sebagaik-baiknya, karena tidak semua yang dapat mengikuti kegiatan ini,” sebut Kepsek.

Pada kegiatan Komsos ini Satgas Non Fisik memberikan bingkisan ke sekolah berupa peralatan olah raga berupa 1 set meja pimpong dan sepasang bet berikut bolanya, 1 set net dan  1 buah bola voli serta 1 set net dan 2 buah bola sepak takraw. (*/jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here