Dinamika Globalisasi Ekonomi di Indonesia

0
1026
Dewi Susanti

Oleh: Dewi Susanti
Mahasiswi STIE Pembangunan Tanjungpinang
Prodi Akuntasi, Semester 6

Globalisasi perekonomian tak ubahnya Globalisasi perekonomian tak ubahnya  sebuah proses kegiatan ekonomi terutama  dalam aspek perdagangan. Di Globalisasi ini seluruh negara menjadi satu kesatuan pasar tanpa rintangan batas teritorial Negara. Contoh nyata dari pengaruh globalisasi ekonomi ini adalah adanya pasar bebas. Nyatanya, masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana proses dan berjalannya globalisasi ekonomi, sehingga pelaku kegiatan ekonomi dan kerugian yang harus ditanggung oleh Indonesia akibat globalisasi ekonomi. Adanya pasar bebas akibat globalisasi membuat berdampak positif perekonomian di Indonesia. Di antaranya adalah semakin terbukanya pasar produk–produk ekspor (global) ke dalam pasar domestic dan terbukanya peluang pasar produk dalam negeri ke pasar internasional guna meluaskan jaringan produk Indonesia.

Dengan adanya kemudahan dalam melakukan aktivitas ekspor maupun impor, sehingga dengan mudah pula memperoleh barang yang dibutuhkan. Ketika hendak mengetahui mengenai informasi perdagangan dunia juga dirasa semakin mudah dikarenakan tekhnologi informasi dan komunikasi bisnis sudah semakin maju. Akses investasi dari luar negeri juga akan lebih mudah masuk ke Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia. Dengan adanya kegiatan aktivitas perekonomian global, secara tidak langsung juga dapat memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia, hal ini dapat dimanfaatkan dengan adanya pembukaan tempat pariwisata baru dengan memperdayakan masyarakat Indonesia. Selain membantu perekonomian masyarakat Indonesia juga sebagai ajang promosi mengenalkan Indonesia kepada masyarakat dunia.

Di sisi lain permasalahan kerena adanya globalisasi ekonomi bersumber dari ketidak pastian ekonomi di Indonesia dalam persaingan pasar yang semakin hari semakin bebas. Di antara dampak negatifnya adalah petumbuhan dan perdagangan luar negeri cepat berkembang karena modal serta tekhnologi yang digunakan sudah sedemikian maju. Akibatnya perusahaan dalam negeri akan tertinggal jauh dari produk yang dihasilkan. Jika impor lebih tinggi dan tidak dapat bersaing dengan ekspor akibat buruknya pada neraca pembayaran. Ketika hal tersebut terjadi maka keuangan dalam negeri tidak stabil karena banyak nya dana mengalir keluar negeri. Sebaliknya, negara yang kuat modalnya akan semakin banyak keuntungan sehingga kapitalisme akan menguasai sistem perekonomian, akibatnya yang lemah semakin terpinggirkan.

Kenyataan lain yang harus diterima dari globalisasi ekonomi adalah tenaga asing yang masuk ke Indonesia lebih dihargai karena kualitasnya yang lebih baik dari orang asli Indonesia , hasil nya sama saja pengangguran akan bertambah. Adanya globalisasi di bidang ekonomi membuat perekonomian dunia seakan ingin memisahkan antar negara bahkan benua sekalipun. Maka sebagai warga Negara yang peduli akan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, kita harus benar-benar mampu memanfaatkan situasi terkini dalam hal ini adalah pasar bebas. Jangan sampai perekonomian kita justru malah jatuh oleh bangsa asing. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memulai peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar dapat menciptakan produk-produk berkualitas dan berdaya saing di pasardomestic maupun internasional. *** 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here