Dinas PU Harus Kurangi Kecelakaan

0
724
otomoti : Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meninjau beberapa jenis otomotif saat Pencanangan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan di Dataran Engku Putri, Batam, Minggu (30/7). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Minta Jalan Rusak Diperbaiki

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun memerintahkan jajarannya, terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan untuk memberi perhatian besar pada keselamatan berlalu lintas.

BATAM – Konsidi jalan-jalan yang menjadi kewenangan provinsi harus dalam kondisi baik. Jalan yang rusak harus dimuluskan. Demikian juga dengan rambu-rambu lalu lintas harus dilengkapi. ”Dinas PU perhatikan supaya kondisi jalan tidak mengakibatkan pengguna jalan raya mengalami kecelakaan. Karena jalan yang kurang baik, bisa juga menjadi pemicu kecelakaan,” kata Gubernur saat Pencanangan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan di Dataran Engku Putri, Batam, Minggu (30/7).

Baca Juga :  Jadikan Kampung Pengrajin Tenun

Pencanangan itu mengambil tema ‘Setop Pelanggaran, Setop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusian’. Hadir pada kesempatan itu Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Didi Haryono, Wali Kota Batam HM Rudi, Ketua DPRD Batam Nuryanto dan klub-klub otomotif serta masyarakat Kepri. Meski memerintahkan jajarannya untuk memperhatikan kondisi jalan, rambu-rambu jalan dan kesigapan Dinas Kesehatan, Nurdin juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

Dengan kesadaran masyarakat berlalu lintas dan disiplin dengan aturan yang ada, kecelakaan akan semakin minim. ”Keberhasilan pada program ini adalah hasil kerja kita bersama. Mari kita wujudkan Kepri selalu kondusif dalam segala aspek, termasuk berlalu lintas di jalan raya,” kata Gubernur.

Baca Juga :  Kepri Ikon Daerah Toleransi

Kapolda Sam Budi menyebutkan, sewajarnya keselamatan lalu lintas menjadi skala prioritas. Kapolda juga mengajak masyarakat untuk bersa-sama berperan aktif menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. ”Dengan meningkatkan keselamatan sama dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kapolda. Kapolda menyampaikan, data global WHO menyebutkan, Indonesia menempati peringkat lima sedunia fatalitas kecelakaan berlalu lintas. Itu setelah Cina, India, Nigeria dan Brasil yang angka kematian kecelakaan lalu lintasnya sangat tinggi.

Karena itu, kampanye keselamatan berlalu lintas harus diimplementasikan. ”Setop Pelanggaran, Setop Kecelakaan. Keselamatan untuk Kemanusiaan,” kata Kapolda. Peresmian pencanangan ini ditandai dengan penekan sirine oleh Gubernur, Kapolda, Wakapolda, Wali Kota Batam, Kapolresta Barelang, Ketua DPRD Batam, Jasa Raharja dan diikuti oleh klakson klub-klub otomotif. Gubernur dan Kapolda juga ikut melihat mobil-mobil dari klub otomotif yang hadir di Engku Putri.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here