Dinkes Cek Darah 50 Pengunjung THM

0
491

Deteksi Penyebaran Virus HIV AIDS

NATUNA – DINAS Kesehatan Kabupaten Natuna menggelar kegiatan deteksi virus HIV AIDS di tempat Tempat Hiburan Malam (THM). Kegiatan ini digelar secara maraton selama dua hari.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan, kegiatan ini laksanakan di seluruh THM yang ada di kota Ranai. Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini rutin dilakukan secara berkala setiap tahunnya.

”Ya. Sejak Sabtu (9/12) kita turun ke THM untuk mengambil sampel darah pengunjung di tempat yang diduga menjadi potensi penyebaran virus HIV. Sehingga, kita perlu untuk mengecek pengunjung THM,” kata Hikmat, di salah satu kafe di Ranai, Minggu (10/12).

Untuk itu, Dinkes mengambil sampel darah sekitar 50 orang yang bekerja di sejumlah THM. ”Semua THM kita sisir. Selain mengambil sample darah. Kita juga memberikan konseling kepada mereka,” sambung Hikmat.

Dinkes melibatkan sejumlah pihak, pada kegiatan ini seperti Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Klinik VCT dan sejumlah Konselor HIV. ”Kami ingin semua orang mengetahui bahaya HIV AIDS, dan mereka tahu cara menghindari dan menanggulanginya,” sebutnya.

Sejak 2009, data penduduk yang sudah terjangkit HIVsekitar 90 orang dan sebagian di antaranya meninggal dunia. Dibukanya THM di Ranai, menjadi potensi penyebaran virus mematikan tersebut. Sehingga, perlu adanya penertiban yang intens guna memutus mata rantai penyebaran virus kepada masyarakat. Untuk itu, perlu peran penting pemerintah dalam menanggulanginya.

”THM dibuka tentunya menjadi persoalan baru dan berpotensi menyebaran virus mematikan ini. Apalagi, pengawasan instansi terkait hanya beberapa tempat saja dan tidak menyeluruh,” kata Henri FN, Anggota DPRD Natuna, Senin (11/12).

Henry menegaskan, pemerintah dalam hal ini Tim Pekat harus bergerak cepat menanggulangi penyebaran virus tersebut. Sebab, jika dibiarkan banyak generasi Natuna yang menjadi korban. ”Kita ingin pemerintah cepat mengambil langkah, agar bisa mencegah penyebaran HIV AIDS di Natuna,” tegas Henri.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here