Dinkes Cek Takjil di Lapangan

0
578
AMBIL SAMPEL: Petugas Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang saat mengambil sample takjil. Apakah mengandung boraks atau formalin. f-humas/dinkes tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Sebanyak 10 petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Pengendalian Pendidikan dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, turun langsung ke penjual taksi di sekitar Bintancentre untuk mengambil sample makanan dan minuman yang dijual masyarakat, Jumat (2/6) di kawasan Bintancentre.

Tujuanya, mengecek apakah takjil yang dijual para pedagang mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, rodamin dan metilen yellow. ”Kalau kita makan makanan mengandung boraks, formalin, rodamin dan pewarnya, sangat berbahaya bagi kesehatan kita,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Pendidikan dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, kemarin. Kata dia, hasilnya nanti akan diumumkan kepada penjual. Bila penjual terbukti menjual takjil mengandung seperti boraks, formalin, rodamin dan metilen yellow akan diberikan sanksi tegas. Pedagang akan dilarang menjual menu tersebut.

Tapi, kendala yang ditemukan dilapangan, penjual takjil hanya menjual saja. Sedangkan yang membuat orang lainnya. Tadi penjual sama sekali tidak tahu, makanan yang dijualnya mengandung bahan berbahaya atau tidak.

”Kita akan telusuri siapa yang akan buat takjil, misalnya telah mengandung seperti boraks, formalin, rodamin dan metilen yellow. Kita akan berikan teguran,” tegasnya. Dan, bagi masyarakat juga diimbau u membeli takjil yang sehat atau higienis. (bas) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here