Dinkes Diminta Lebih Aktif ke Masyarakat

0
166
WAKIL Ketua DPRD Karimun, Bakti Lubis dan Kadis Kesehatan Rachmadi menemui penderita kanker di Kampung Bukit Atas, Meral, Karimun, Rabu (20/2) kemarin. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karimun diminta lebih aktif, untuk turun ke tengah masyarakat untuk memantau perkembangan kesehatan di tengah masyarakat.

Terutama untuk kategori penyakit jenis kanker atau tumur ganas dan lainnya.

”Kita harapkan, Dinkes Karimun untuk lebih aktif turun memantau kesehatan masyarakat. Terutama di pemukiman padat penduduk, seperti pemukiman Sungai Lakam Barat, Timur dan Kampung Bukit Atas, Meral, Karimun,” kata Wakil Ketua DPRD Karimun Bakti Lubis, Rabu (20/2) kemarin.

Ia bersama Kadis Kesehatan Rachmadi, menjenguk salah satu warga Kampung Bukit Atas, Meral yang diduga terjangkit sakit kanker pada bagian pipi hingga mata hingga mengalami kerusakan fisik atau cacat pada bagian wajah.

Penderita atas nama Bambang Herianto (46), tidak berobat karena tidak mampu membayar iuran BPJS selama 2 tahun sebesar 1.912.500.

Ini telah menjadi tanggungan Pemerintah Kabupaten Karimun, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun.

Di tempat terpisah, Kadis Kesehatan Racmadi mengatakan untuk mereka yang tidak mampu.

Sedang ditunggu datanya dari Dinas Sosial Karimun, yang tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan atau penerima kartu Indonesia Sehat (KIS). Untuk kasus temuan, mereka bisa langsung bergerak.

Ia berharap, ada kerja sama antara warga dengan petugas Puskesmas. Jika ada warga yang menderita sakit, tetapi karena keterbatasan biaya.

Sebaiknya, dapat melapor ke puskesmas kemudian ditindaklanjuti ke dinas untuk dilakukan penanganan segera. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here