Dinkes Dituntut Lebih Aktif

0
287
PETUGAS Puskesmas Meral saat membawa Khairul mendapatkan perawatan akupuntur kemarin. F-ALRION/tanjungpinang pos

Dinas Kesehatan dituntut untuk lebih giat lagi dalam mensosialisasikan pelayanan kesehatan bagi warga yang kurang mampu.

KARIMUN – Warga diminta berperan aktif untuk mendapatkan layanan kesehatan, sehingga langsung dapat dilakukan pelayanan kesehatan saat diperlukan. ”Kemarin, Khairul warga Kelurahan Sungai Pasir, Meral, Karimun langsung dibawa petugas Puskesmas Meral untuk mendapat layanan akupuntur. Karena telah menderita penyakit pada bagian kaki tidak dapat digerakkan seperti sedia kala. Sebab, kurang lebih 6 tahun penyakit itu dideritanya dan baru lah dibawa ke puskesmas,” kata anggota DPRD Karimun, Rosmeri.

Pihak keluarga mengaku, mereka enggan berobat karena keterbatasan biaya. Kemungkinan besar, kurang memahami prosedur mendapatkan layanan kesehatan bagi warga kurang mampu.

Rosmeri berharap, ada sosialisasi dari Dinas Kesehatan tentang syarat mendapatkan layanan kesehatan kurang mampu. Sehingga, semua masyarakat kurang mampu dapat bergerak langsung menyiapkan persyaratannya. Demikian halnya, masyarakat juga diminta berperan aktif untuk mendapatkan layanan tersebut.

Ia juga mengingatkan, jika ada warga kurang mampu yang kesulitan mendapat layanan kesehatan dapat melapor pada pemerintah atau anggota DPRD. Sehingga, warga yang sakit segera ditindaklanjuti secepat mungkin.

Pada petugas kesehatan, lanjut Rosmeri, RSUD harus memberikan pelayanan yang maksimal sesuai dengan prosedur. Tidak melakukan perbedaan pelayanan, antara masyarakat yang berobat dengan kartu JPKM dan biaya sendiri.

Ia mengapresiasi tindakan pihak Puskesmas Meral yang langsung bergerak cepat membawa pasien mendapatkan layanan perobatan akupuntur. Jika belum maksimal, pasien akan dirujuk mendapat perawatan lainnya yang lebih intensif untuk penyembuhan pasien tersebut. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here